Balap Tahun Baru 2014 Jogja : 13 Tahun Bertahan Dan Semakin Mantap

IMG_5352-crop

BalapMotor.net – Balap road race malam tahun baru yang di adakan di Stadion Mandala Krida Jogjakarta memang selalu menjadi magnet tersendiri bagi para penggemar otomotif. Ajang balap tahunan garapan Venture Sport Club yang dikomandoi oleh bapak Najib M. Saleh ini di malam tahun baru 2014 ini merupakan hajatan ke-13 kalinya sejak tahun 2001. Dan di event bertajuk Kosgoro’57 VSC – Old & New Year Nite Race 2014 ini kemasanya semakin mantap saja. Di tahun yang ke-13 kalinya balapan ini menggunakan alat transponder sebagai pencacat waktu seperti pada ajang kejurnas kan.

Berawal dari keingginan Bapak Najib M. Saleh yang juga sesepuh otomotif Jogja ini untuk mengisi malam tahun baru dengan tujuan untuk mengurangi balapan liar pada malam tahun baru. Lalu untuk mengurangi kepadatan jalan-jalan protokol pada alam tahun baru, ditambah lagi agar menjadi alternatif hiburan untuk warga Jogjakarta dan para penggemar balap tentunya. Dari situ maka tercetuslah ide bikin balapan malam tahun baru dan menjadi balapan malam dan juga balapan malam tahun baru yang pertama kalinya di Indonesia, bahkan sebelum Qatar bikin balapan malam, Jogja sudah duluan.

Najib M Saleh-crop
Najib M.Saleh
SSS Racing

Bisa bertahan selama 13 tahun dan akan terus berlanjut ini tentunya bukan tanpa tantangan, apalagi sekarang ini komunitas road race di Jateng DIY sedang menurun, namunVSC terus tetap menggelar ajang ini.

” Harus jalan terus mas, kalau sekali saja berhenti atau tidak digelar nantinya akan mengurangi gereget ajang ini, meskipun jika balap malam tahun baru itu banyak kendalanya, seperti hujan dan banyak lagi, kita harus tetap terus menggelarnya. Dan nantinya Balap malam tahun baru di Jogja bakalan jadi ikon Jogjakarta sama halnya seperti sekaten dan lainya. ” Ungkap Najib M. Saleh pada reporter di kantornya. Untuk jumlah peserta dan penonton menurut beliau juga dari tahun ke-tahun tetap stabil meskipun iklim balap di Jateng DIY sedang surut.

Untuk urusan peserta tiap tahunya pasti ada banyak pembalap yang ingin mencicipi balapan yang bisa dibilang legenda ini. Lihat saja tidak cuma pembalap dari lokal Jateng DIY saja, bahkan sampai luar Jawa dan yang terjauh tentunya dari Papua saja banyak yang sengaja datang  ikutan balap. Untuk penonton juga banyak sekali yang datang dari luar daerah sengaja untuk melewatkan malam pergantian tahun baru sambil nonton balapan di Jogja. Ajang ini juga sering digunakan para pembalap dan mekanik buat menguji tungganganya yang akan diturunkan di musim balap tahun berikutnya, maklum kan musim balapan biasanya belum bergulir di hari-hari awal tahun baru.

” Saya sejak sore sudah berada di sirkuit mas, dan sengaja jauh-jauh dari Tegal buat menonton balapan ini, dan ini saudah tahun ketiganya saya nonton balap malam tahun baru di Mandala Krida mas.” Ungkap Rizal penggemar balap yang datang jauh-jauh dari kota Warteg Tegal. Wah yang seperti ini harus terus dipertahankan, biar menjadi sebuah ajang balap legenda, salam Gas poll. Luvo/Yayan

IMG_5474
Ajang seting

 

BACA JUGA :

Road Race Tahun Baru 2014 Jogja : Tempat Riset Dan Juga Hiburan Anak Balap

Profil Eko ” Kodok ” Sulistyo : Joki Drag Bike Paling Terkenal Se-Indonesia Raya, Kontraknya Wuuihh..

PROFIL A.M FADLY : TARGET 3 BESAR ASIA TALENT CUP 2014

Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya Terus Berbenah Dan Ingin Diakui

GM-helm PARD