Nih 4 Cara Bikin Rantai Motor Kesayangan Semakin Awet

BalapMotor.Net – Rantai pada sepeda motor dengan transmisi manual pada motor sport dan bebek (cub) memiliki peran yang vital. Komponen ini merupakan komponen yang meneruskan daya pada mesin ke roda belakang sepeda motor dengan menghubungkan gir sproket depan dan belakang.

Kondisi rantai sepeda motor memiliki dampak terhadap performa, kenyamanan, dan keamanan saat berkendara. Terlebih saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Seiring dengan pemakaian, performa rantai akan berangsur menurun. Oleh karena itu Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro berbagi tips agar rantai motor kesayangan semakin awet.

  1. Perhatikan kebersihan rantai dan gir
LENKA MiniGP SSS Racing

Rantai merupakan komponen yang mudah kotor karena posisinya dekat dengan permukaan jalan. Menjaga kebersihan rantai Bisa memperpanjang usia pakai, juga menghindari terjadinya karat dan beberapa masalah lain yang bisa terjadi pada rantai. Proses pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan air dan sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada rantai dan gir. Setelah dibersihkan sebaiknya lumasi rantai agar tidak mudah berkarat.

  1. Perhatikan tingkat ketegangan rantai

Agar rantai semakin awet, ketegangan rantai perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan ketagangan rantai dalam kondisi ideal. Kondisi rantai yang terlalu tegang bisa membuat rantai putus, kalau terlalu kendur bisa mengakibatkan rantai Cepat aus dan bisa lepas dari gir. Selain itu, kondisi ini juga akan memengaruhi performa sepeda motor.

  1. Pastikan rantai terlumasi dengan baik

Pada saat sepeda motor melaju, rantai roda mengalami gesekan dengan gir bahkan link antar rantai juga bergesekan. Untuk itu diperlukan pelumasan rantai untuk mengurangi gesekan dan keausan. Lakukan pelumasan rantai setiap kali rantai dibersihkan dan gunakan pelumas SAE 90 atau pelumas khusus rantai roda. Jangan lumasi rantai dengan oli bekas karena sudah terkontaminasi kotoran yang dapat menimbulkan kerusakan dan membuat rantai motor menjadi tidak tahan lama.

  1. Rutin cek posisi gir

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pengendara adalah melakukan pengecekan posisi gir depan dan belakang. Upayakan posisi gir depan dan belakang dalam posisi sejajar sehingga rantai dapat bekerja dengan optimal. Kondisi gir yang tidak sejajar bisa memicu terjadinya gesekan pada komponen mata rantai dan memperpendek usia pakainya.

“Beberapa hal tersebut merupakan tips agar usia pemakaian rantai sepeda motor kesayangan bisa optimal. Selalu gunakan Honda Genuine Parts agar sepeda motor dapat bekerja optimal menemani aktivitas sehari-hari.” pungkas Danang Priyo Kumoro. |Rls

GM-helm VND Racing PARD