Bahaya! Ini Akibatkan Kalau Minyak Rem Tidak Pernah Diganti

Minyak rem
LENKA MiniGPSSS Racing

BalapMotor.Net – Rem merupakan piranti yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Piranti ini sangat berbahaya jika sampai tidak berfungsi maksimal.

Namun, seringkali kita lalai dan mengabaikan piranti ini. Sebut saja mengecek minyak rem untuk sepeda motor dengan rem cakram.

NHKhelm

Pasti banyak juga balap mania yang motornya sudah lama namun belum mengganti minyak rem. Jangankan mengganti, kadang mengecek saja pasti banyak yang melakukannya.

Padahal ada resikonya, seperti yang penulis dapatkan infonya dari akun sosial medianya Astra Motor Yogyakarta yaitu Honda Istimewa ID.

Sering cek juga isi minyak rem

Minyak rem yang tidak pernah diganti, bisa menurunkan kualitas rem dan lebih rawan mendidih. Saat minyak rem mendidih, rem akan terasa keras dan tidak pakem.

Nggak mau kan kalau rem kamu blong? Makanya jangan lupa ganti minyak rem jika sudah waktunya ganti. Lalu kapan waktu yang tepat untuk ganti minyak rem?

Dikutip dari website Astra Honda, sebenarnya minyak rem memiliki masa pakai yang panjang, sehingga tidak perlu diganti setiap kali melakukan service.

Namun setelah pemakaian sekitar 24.000 km atau 2 tahun, minyak rem wajib diganti untuk menjamin fungsi pengereman sepeda motor tetap optimal. (**)

VND RacingVND RacingPARD
Artikulli paraprakPuluhan Kroser Bakal Tarung Habis-Habisan Pada Seri Pamungkas Trial Game Dirt 2023 di Malang
Artikulli tjetërAceh Drag Bike Siap Digelar di Banda Aceh 28-29 Oktober 2023, Total Hadiah 100 Juta!
Pimpinan redaksi di BalapMotor.Net yang gila balap sejak kecil dan mulai menjadi jurnalis balap sejak 2013