Profil Hafidz Fahril Rasyadan : Pembalap Belia Potensial Asal Probolinggo, Sang Penerus Alm Denny Triyugo

HF Rasya, saat podium juara di FIM MiniGP Indonesia Series | Foto : @Iqball_prattama

BalapMotor.Net Hafidz Fahril Rasyadan merupakan pembalap belia potensial asal Kota Probolinggo, Jawa Timur. Pembalap yang lebih dikenal dengan nama HF Rasya ini sendiri merupakan pimpinan klasemen sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022.

Selain balap di FIM MiniGP Indonesia Series, HF Rasya yang masih berusia 14 tahun ini juga tempur di ajang Oneprix pada kategori Rookie dan juga turun di ajang Idemitsu Junior Cup (IJP) Yamaha Sunday Race 2022 bersama tim Yamaha Ziear.

LENKA MiniGP SSS Racing

HF Rasya sendiri mampu meraih juara pada 3 dari 4 race yang digelar dalam 2 seri pembuka FIM MiniGP Indonesia Series musim 2022 di sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya akhir pekan lalu (3-4/9). Putra dari pasangan Imron Hamsah dan Vini Nuryaningsih ini cukup moncer di balapan yang menggunakan MiniGP Ohvale GP-0 ini.

Aksi HF Rasya di FIM MiniGP
Keponakan Almarhum Denny Triyugo

Perlu diketahui, HF Rasya sendiri merupakan keponakan dari Almarhum Denny Triyugo, salah satu pembalap top Indonesia asal Probolinggo. Jadi tentunya Rasya merupakan sang penerus dari Almarhum pamannya.

Rasya sendiri mengaku awal balap karena terinspirasi dari Almarhum omnya tersebut. “Awalnya lihat-lihat terus kepengin dan coba latihan. Dulu sempat nggak dibolehin, tapi akhirnya disupport,” ungkap HF Rasya saat wawancara dengan penulis.

HF Rasya sendiri pertama kali turun balap pada tahun 2016 tepatnya di ajang Yamaha Cup Race (YCR) di Purwokerto. Saat itu, HF Rasya masih dipegangi saat start.

Pernah Berlatih di 4 Sekolah Balap

Menariknya, HF Rasya sendiri pernah mengenyam pendidikan balap di beberapa sekolah balap. “Pertama kali sekolah balap di Om Bobby Aranxa, lalu di WH19 (Wawan Hermawan), lanjut di Om Sudarmono dan sekarang di Doni Racing School,” terang HF Rasya.

HF Rasya saat podium di Oneprix | Foto : Irsanurhadian

Kembali membahas mengenai ajang FIM MiniGP Indonesia Series dimana saat ini Rasya menjadi pimpinan klasemen dan berpeluang untuk bisa dikirim ke Grand Final FIM MiniGP World Series di Spanyol, Rasya sendiri mengaku optimis.  “Harapan saya ikutan event ini saya bisa mewakili Indonesia di Spanyol,” ujar Rasya.

Mengenai karir balapnya, HF Rasya mengaku ingin menjadi penerus Almarhum Omnya. “Mungkin kalau bisa ke Dunia, ya minimal ke Asia. Semoga bisa lebih baik, lebih tinggi,”  terang HF Rasya yang juga berharap Walikota Probolinggo membuat sirkuit agar dia tidak jauh-jauh untuk latihan.

TONTON JUGA VIDEO OBROLANNYA!!

GM-helm VND Racing PARD