Profil Aldiaz Aqsal Ismaya, Rider NTB Yang Terus Bersinar, Awali Karier Balap Garuk Tanah

Aksi Aldiaz Aqsal Ismaya
Yamaha

BalapMotor.Net – Nama Aldiaz Aqsal Ismaya sepertinya cukup menonjol pada tahun 2019 ini, khususnya pada ajang Kejurnas Oneprix 2019. Pembalap asal Lombok, NTB ini mampu menjadi pimpinan klasemen sementara dengan dua kali menjadi juara pada dua putaran pembuka di Tasikmalaya.

Aldiaz Aqsal Ismaya sendiri merupakan salah satu pembalap dari tim Yamaha Babarafi Semoga Abadi Zyrof47 yang tahun ini tarung di ajang Kejurnas Motoprix dan Oneprix. Setelah digali informasinya oleh tim BalapMotor.Net, ternyata Aldiaz dibesarkan oleh ajang balap garuk tanah.

OnePrix Seri 1 (Novice): Aldiaz Jawara, Podium Diborong MX-King!
Aldiaz Aqsal Ismaya

Pembalap yang lahir di Mataram, pada 6 September 2001 atau saat ini masih berusia 17 tahun ini mengawali karier di ajang balap Grasstrack. Mulai balap pada tahun 2010 atau saat Aldiaz masih kelas 4 SD dan turun di kelas SE 65cc sampai tahun 2011.

Pada tahun 2012, Aldiaz tempur di kelas SE85cc dan masih balap di ajang Grasstrack Region III Bali, NTT, NTB. Sampai di tahun 2014 Aldiaz yang sejak awal membela tim Reptil Lombok ini terus balap di ajang Grasstrack tapi di kelas SE85cc.

Aldiaz saat kecil dan balap di ajang Grasstrack kelas SE65

Barulah pada tahun 2015, Aldiaz mencoba untuk berlatih balap road race. Belum turun di ajang Kejurnas, Aldiaz hanya latihan di sirkuit permanen Selagalas yang ada di Lombok, NTB. “Saya memulai balap sejak kelas 4 SD om, awalnya balap grasstrack sampai tahun 2014 bersama tim Reptil Lombok,” ujar Aldiaz.

Melihat bakat dari Aldiaz, Chafid Putra yang merupakan owner Semoga Abadi Racing Team menggandeng Aldiaz untuk tarung di ajang Kejurnas Motoprix. Musim 2016 merupakan musim perdananya Aldiaz balap di Kejurnas Motoprix dan langsung runner up MP4 Motoprix Region III Bali.

Tahun 2016 Aldiaz gabung di tim Semoga Abadi dan perdana balap Kejurnas

Selain balap di region III, Aldiaz juga diajak oleh tim ini balap di region II Jawa dan juga Yamaha Cup Race (YCR). Berduet dengan Faisal Baharudin, sepak terjang Aldiaz dan tim Semoga Abadi cukup bikin geger musim 2016.

Pada 2017 samapai tahun 2018 sendiri, Aldiaz akhirnya berlabuh di tim BKMS Indonesia. Bersama tim ini, Aldiaz mulai menemukan jati dirinya. Aldiaz mampu ke-7 klasemen akhir Motoprix Jawa dan pada 2018 mampu menjadi juara umum YCR3 Yamaha Cup Race (YCR) 2018.

Aldiaz Juara Umum YCR3 Yamaha Cup Race 2018 bersama tim BKMS

Kematangan Aldiaz sendiri akhirnya nampak pada tahun 2019 ini. Setelah tim Semoga Abadi comeback dan menjadi salah satu tim pabrikan. Aldiaz langsung unjuk gigi dan bikin geger gelaran balap Kejurnas Oneprix yang tayang live di tvOne ini.

“Saat ini saya terus menjaga fisik dengan terus berlatih agar tetap bisa maksimal pada setiap balapan om. Targetnya bisa jadi juara nasional di tahun 2019 ini,” ungkap Aldiaz Aqsal Ismaya kepada penulis. Kita tunggu saja sepak terjang dari Aldiaz. | Luvo

OnePrix Seri 1 (Novice): Aldiaz Jawara, Podium Diborong MX-King!
AKsi Aldiaz di ajang ONeprix
GM-helm SSS Racing