Yamaha Sunday Race Seri 3, Kualifikasi R25 Pro Dapat Kejutan Hujan, Ini Strateginya

Hujan turun saat awal QTT

Yamaha Sunday Race Seri 3, Kualifikasi R25 Pro Dapat Kejutan Hujan, Ini Strateginya

BalapMotor.Net – Sesi kualifikasi kelas Yamaha R25 Profesional Rider di seri 3 Yamaha Sunday Race R Cup Series (30/10) jadi sesi yang menegangkan. Bagaimana tidak di sesi yang merupakan sesi terakhir di hari Sabtu ini tiba-tiba diguyur hujan.

LENKA MiniGP SSS Racing

Para pembalap yang baru masuk trek langsung disambut rintik hujan yang tentunya bikin licin lintasan sirkuit Sentul Internasional. Dengan ini para pembalap dan kru langsung bergegas untuk mengubah setingan agar bisa jadi yang tercepat.

Di sesi kali ini Sigit PD dari tim Yonk Jaya Racing mampu jadi yang tercepat di lintasan basah. Sigit PD mampu mencetak time 1:49.600 dan lebih berbeda tipis dengan Dellu Agung dari tim Yamaha AR1 Abirawa NHK yang mencetak time 1:49.637.

Emanuel, mekanik Sigit PD
Emanuel, mekanik Sigit PD

Untuk setingan motor sendiri, setelah melaju satu putaran, Sigit PD langsung masuk ke Pit Lane dan mengubah setingan. Dan yang diubah setinganya yaitu suspensi yang dibikin lebih lembut, lalu ECU yang diseting lebih kering atau dikeringkan. Dengan ini Sigit PD langsung bisa melaju kencang dilintasan basah dan menjadi pole position di balapan besok.

” Tadi setelah hujan, Sigit masuk pit dan langsung dilakukan beberapa ubahan seting. ECU kita keringkan lalu suspensi depan belakang kita bikin lebih empuk lagi. Namun sayang sekali tadi tidak sempat mengurangi tekanan ban depan belakang.” tutur Emanuel mekanik dari tim Yonk Jaya ini.

Hendra Rusbule
Hendra Rusbule

Untuk setingan ECU yang dikeringkan, Hendra Rusbule dari tim Daytona Proven Performance juga melakukan ubahan yang sama. Untuk hasilnya sendiri, Hendra bisa bertengger di posisi ke-3 dengan time 1:49.816.

” Tadi sempat masuk pit dan mengubah setingan. Tadi sih yang diubah seperti setingan ECU yang kita keringkan, lalu tekanan ban yang kita kurangi. Dan yang aneh disini yaitu motor saya lebih oke saat hujan. ” tutur Hendra Rusbule.

Hal unik malahan dilakukan oleh Dellu Agung, Dellu tidak melakukan ubahan setingan apapun pada kuda besi R25 kuning yang ditungganginya. Dellu yang sempat bikin geger karena mampu mencetak time 1:43 detik di saat latihan bebas ini masih merasa oke dengan setingan motornya tersebut.

Dellu Agung, sempat bikin kejutan dengan time 1:43 di FP
Dellu Agung, sempat bikin kejutan dengan time 1:43 di FP

” Saya tidak melakukan ubahan apapun, tadi sempat masuk pit, namun untuk melihat posisi sementara. Dan di awal QTT yang sudah kesatu, nah saat diakhir QTT saya mencoba masuk lagi setelah Sigit mampu mengungguli saya. Namun sayang saya kehalang pembalap yang sedang pelan, jadi yang tidak dapat time bagus.Namun balapan kan besok.” tutur Dellu Agung yang merupakan pembalap sangat berpengalaman ini.

Kita tunggu saja bagaimana di race besok, dan jangan lupa untuk terus update di BalapMotor.Net biar ga ketinggalan gitu. [ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD