Yamaha Jupiter Z1 Injeksi Lokal Terbukti Dominasi Balap Nasional 2015

Yamaha Z1 injeksi mendominasi balap motor 2015

BalapMotor.Net – Tahun 2015 bisa jadi memang menjadi titik dimana motor balap karbu bakalan digantikan injeksi. Di tahun 2015 ini pencapaian motor injeksi khususnya Yamaha Z1 injeksi sangat bagus.

Motor Z1 injeksi yang di 2015 ini di garap oleh para mekanik lokal ini mulai mendominasi balapan di Indonesia. Dari mulai Motoprix Jawa yang notabene merupakan Motoprix terpanas, sampai IRRC ( Indonesia Road Racing Championship ) tahun ini di dominasi oleh Yamaha Z1 injeksi.

Bahka di IRRC tahun ini, rekor lap di beberapa sirkuit dipecahkan oleh Yamaha Z1 injeksi lokal. Galang Hendra dari Yamaha Yamalube Nissin TJM pecahkan sirkuit Sentul Karting dengan time 55.510 detik. Lalu Rheza Danica dari tim Yamaha Yamalube KYT TDR IRC Trijaya pecahkan rekor time di sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya dengan time 52.773 detik. Dan yang terakhir adalah Wilman Hammar dari tim Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera yang memecahkan rekor sirkuit Balipat, Binuang dengan time 1 menit 14,7 detik di seri pamungkas kemarin.

Yamaha Z1 karya lokal trebukti kencang
Yamaha Z1 karya lokal trebukti kencang
SSS Racing

Pencapaian di tahun 2015 ini tentu saja tidak akan terjadi tanpa kerja keras dari pihak Yamaha Indonesia. Yamaha Indonesia di 2013 memberanikan diri untuk menurunkan Z1 injeksi yang diriset di Jepang di ajang Indoprix. Di tahun tersebut lewat Sigit PD motor yang disebut-sebut harga partnya cukup tinggi ini mampu double winner di kelas 110 dan 125. Dengan kemenangan tersebut, Yamaha mampu membuktikan bahwa motor Z1 injeksi bisa kencang juga.

Dari situ Yamaha berlanjut melemparkan riset Yamaha Z1 injeksi untuk diriset oleh mekanik lokal. Di tahun 2014 ada beberapa tim yang di beri emban untuk merisetnya. Dan di tahun 2015 ini langsung sangat terlihat hasilnya. Namun saat ini meskipun hasilnya sudah cukup terlihat, ternyata para mekanik masih merasa bahwa masih banyak yang bisa dikembangkan lagi.

Haris Sakty Mletis
Haris Sakty Mletis

” Saat ini masih banyak yang bisa dikembangkan lagi, dan tentunya akan bisa lebih kencang lagi. ” tutur Haris Sakty Mletis mekanik dari tim Yamaha Yamalube KYT TDR IRC Trijaya.

Selain bisa membawa Yamaha Z1 injeksi cukup mendominasi balapan di Indonesia, Yamaha Indonesia ternyata juga mampu membuat para produsen spare part racing lokal untuk ikut berkarya.Dan sampai saat ini ada banyak sekali produk spare part pendukung Yamaha Z1 injeksi yang diciptakan oleh beberapa produsen sparepart racing lokal seperti SND, BRT, TDR, Kawahara dan banyak lagi yang lainya hingga total ada 21an item.

Supriyanto ( Kanan ) Manajer Motorsport Yamaha Indonesia dan Disep staff Motorsport Yamaha Indonesia
Supriyanto ( Kanan ) Manajer Motorsport Yamaha Indonesia dan Disep staff Motorsport Yamaha Indonesia

Tentu saja dengan diproduksi oleh produsen lokal, harga dari spare part Yamaha Z1 injeksi tidak semahal part Z1 karya Jepang. Contohnya saja piston, piston yang digunakan motor Z1 injeksi Jepang harganya sekitaran 5 juta, sedangkan produk lokal hanya 500ribuan. Tentu saja ini merupakan keberhasilan Yamaha Indonesia.

” Ini merupakan hasil yang cukup membanggakan dimana Yamaha Z1 injeksi cukup mendominasi di balapan tahun ini. Jadi perjuangan kita selama beberapa tahun ini membuahkan hasilnya. Selain itu kita juga berhasil mendorong industri spare part racing lokal untuk memproduksi part pendukung Z1 injeksi dan saat ini telah terbukti dengan sudah ada sekitar 21 item part lokal untuk Z1 injeksi. ” tutur Supriyanto selaku manajer motorsport Yamaha Indonesia. Mantap nih, saatnya mekanik Indonesia melek teknologi, #MariBerprestasi. [ luvo ]

Yamaha Jupiter Z1 Injeksi Lokal Terbukti Dominasi Balap Nasional 2015

GM-helm PARD