Ternyata Tidak Mudah Jadi Murid VR46 Riders Academy

Foto: VR46 Riders Academy

BalapMotor.Net – VR46 Riders Academy merupakan salah satu sekolah balap elit dunia yang terbukti kualitasnya. Pada musim balap 2021 saja ada tiga rider dari VR46 Riders Academy yang tempur di kelas premier MotoGP yaitu Francesco “Pecco”Bagnaia, Franco Morbidelli dan Luca Marini.

Totalnya ada empat rider jika sang “guru” Valentino Rossi ikut dihitung. Lalu adalagi rider pada kelas Moto2 yaitu Marco Bezzecchi dan Celestino Vietti di kelas Moto2. Nah, selain murid yang masih berada dalam academy, ada juga beberapa murid yang sudah keluar, seperti Nicolo Bulega, Lorenzo Baldassarri serta Denis Foggia.

Pada akhir tahun ini sendiri VR46 Riders Academy mengumumkan bahwa satu pembalap muda Italia yaitu Alberto Surra resmi bergabung. Surra sendiri merupakan pembalap yang membela tim CIV Bardahl VR46 Riders Academy untuk berlaga di ajang Kejurnasnya Italia.

Rossi saat memberikan wejangan kepada para muridnya | Foto : VR46 Riders Academy
SSS Racing

Lalu apa sih syarat masuk menjadi murid di VR46 Riders Academy? “Misi kami adalah membantu pembalap Italia menemukan jalan mereka ke MotoGP. Itu dimulai pada usia muda, seperti yang kami lakukan pada Pecco, Franco, Luca, Bez, Cele dan lainnya. Dari Moto3 kami ingin memiliki pembalap muda masa depan,” ungkap Valentino Rossi yang dikutip penulis dari Speedweek.

Rossi juga mengungkapkan bahwa tidak mudah menjadi muridnya dan benar-benar diseleksi dengan baik, seperti halnya Alberto Surra yang akhirnya resmi direkrut. “Surra tampak seperti pilihan yang baik bagi kami karena dia adalah pembalap dengan bakat hebat yang telah melakukannya dengan sangat baik di Kejuaraan yang lebih kecil,” terang Rossi.

Skuad baru VR46 Riders Academy, Alberto Surra | Foto : IG

“Kemudian dia menghabiskan satu tahun bersama kami dan berlatih bersama kami. Karena itu juga sangat penting bagi kita untuk mengenal karakter seorang pembalap. Kami menyukai anak laki-kali yang simpatik dan berpendidikan, bahkan ketika mereka masih muda, bisa memposisikan dimana tempatnya,” tambahnya.

Berarti bagi pembalap diluar Italia bakal sulit dong? Nah yang diluar Italia sendiri, VR46 bekerjasama dengan Yamaha dan mengadakan acara Yamaha VR46 Master Camp. Event ini sendiri pernah diikuti oleh para pembalap Asia termasuk Indonesia dimana ada nama seperti Galang Hendra, Emanuel Pratna, M.Faerozi dan Anggi Setiawan yang pernah ikut. Tetapi, VR46 Master Camp berbeda dengan VR46 Riders Academy yah gaes.

Yamaha VR46 Master Camp 6 (Hari ke-5): Terbaik di Flat Track, Faeroz Dapat Pesan Dari Valentino Rossi
Faeroz dengan tanda kelulusan bersama 3 rekannya di Yamaha VR46 Master Camp 2018
GM-helm PARD