Pembalap Ragukan Perbaikan COTA, Keluhkan Kondisi Sirkuit Bergelombang

pembalap-ragukan-perbaikan-cota-keluhkan-kondisi-sirkuit-bergelombang
Para pembalap keluhkan kondisi COTA yang bergelombang | Foto: Crash
Yamaha

BalapMotor.Net – Beberapa pembalap menghadiri sesi konferensi pers, Kamis (11/4). Jelang menghadapi seri ketiga MotoGP, yang berlangsung di COTA. Terlihat ada Marc Marquez, Valentino Rossi, Jack Miller, Alex Rins dan Andrea Dovizioso.

Semua pembalap yang hadir pada sesi konferensi pers sepakat keluhkan kondisi sirkuit yang bergelombang, tentu ini sangatlah merugikan juga bisa berbahaya buat pembalap, tak terkecuali buat Marc Marquez yang penampilannya nyaris sempurna di COTA. Meski kerap kali alami perbaikan, namun kondisi trek di tiap musimnya tak alami perubahan yang signifikan.

“Kondisi trek cukup bergelombang. Ini salah satu trek yang paling sulit dalam kalender MotoGP, bahkan kadang mengecewakan, padahal boleh dikatakan layout disini adalah yang terbaik. Jadi, kami harap mereka sudah melakukan perbaikan dengan maksimal, marik kita lihat besok,” ungkap Marc Marquez.

“Mereka sudah coba memperbaikinya musim lalu tetapi hasilnya kurang bagus pada bagian trek lurus. Pada akhirnya membuat banyak debu. Kami harap musim ini debu itu menghilang, meskipun sedikit ini akan berbahaya jika kami sedang berusaha mendekata pembalap lain,” lanjut Alex Rins.

“Sangat memalukan ini adalah sirkuit yang fantastis dan terbilang baru, tetapi sudah bergelombang. Mungkin sesuatu terjadi dari bawah (permukaan). Di sector tiga atau keempat gelombang ini begitu terasa. Dalam beberapa musim terakhir mereka mencoba untuk melakukan perbaikan, sayangnya tak kunjung membaik. Kami harus memeriksanya besok dan berharap kondisi lintasa lebih baik,” kata The Doctor.

“Lintasannya sendiri belum setua itu, seperti apa yang dikatakan Rossi. Kami pergi ke berbagai sirkuit dimana selalu ada dalam kalender atau lebih tua dibanding ini, tetapi mereka tidak bergelombang. Saya pikir ini ada hubungannya dengan kondisi tanah. Karena disini intensitas hujan tinggi, juga dapat menyebabkan pergerakan tanah,” tambah Jack Miller.

Andrea Dovizioso Paling Vokal

Dovizioso menjadi salah satu pembalap yang paling pedas dalam memberikan kritik, mengingat COTA selalu sulit buat Ducati karena kondisi yang bergelombang sehingga menghambat laju motor. Tak hanya itu, Dovi juga menilai jika perbaikan tidak dilakukan dengan persiapan yang matang masalah yang sama akan kembali muncul disini.

“Saya khawatir bahwa perbaikan tidak benar-benar memperbaiki masalah yang terjadi di trek, tentu jika seperti ini akan sangat buruk, padahal saya pikir ini adalah salah satu trek yang paling indah di kejuaraan kami,” ungkap Dovizioso dikutip dari laman crash.net.

“Masalahnya gelombang hampir ada di sepanjang sirkuit dan motor tentunya akan sangat sulit dikendarai. Bahkan untuk melaju dengan cepat saja mungkin akan terkendala. Tanah yang berada dibagian bawah aspal hampir berserakan dimana-mana, jadi ini tentunya sulit diperbaiki tanpa persiapan yang matang, itu pendapat saya,” tambahnya. [DK]

GM-helm SSS Racing