Mulai Tahun 2022 Light Panels Bakal Diwajibkan di Sirkuit MotoGP Dan F1

Light Panels Bakal Diwajibkan di Sirkuit MotoGP Dan F1 Mulai tahun 2022 |Foto: F1

BalapMotor.Net – Seluruh sirkuit yang menggelar Formula 1 dan MotoGP akan memakai panel lampu peringatan permanen mulai 2022. Sebenarnya F1 sudah memakai panel lampu ini di seluruh Grand Prix.

SSS Racing

Hanya saja panel instrumen ini tidak permanen dipakai sirkuit yang digunakan balapan F1. Maksudnya, F1 membawa sendiri panel instrumen ini di tiap seri dan memasangnya saat akan ada balapan.

Mulai 2022, F1 takkan lagi membawa kesana kemari perangkatnya tersebut, tapi perangkat panel lampu akan terpasang permanen di tiap trek. Bukan cuma di F1, karena MotoGP akan menerapkan pemakaian instrumen tersebut di 2022.

Ini adalah hasil kolaborasi antara FIA dan FIM selaku induk olahraga balap mobil dan motor dunia yang menaungi F1 dan MotoGP. Instrumen ini akan jadi standar baru dalam trek balapan internasional karena F1 dan MotoGP yang memulainya.

Panel lampu ini memberikan penjelasan lebih detail soal bendera yang dikibarkan marshal saat situasi tertentu.

Misalnya saja soal peringatan cuaca tertentu, terutama jika hujan datang.

“Ini adalah langkah penting dari kolaborasi FIA dan FIM dalam fitur keselamatan sirkuit,” kata Stuart Robertspon, FIA Head of Circuit and Rally Safety, seperti dilansir GridOto.com dari Motorsport.com.

“Ini akan meyakinkan semua kejuraan yang balapan di sirkuit level tertinggi yang bisa memakai inovasi terbaru ini,” jelasnya.

Selain itu, Franck Vayssie, FIM Circuit Racing Commission Director, meyakinkan bahwa fitur ini akan dipakai juga di ajang balap roda 2 lain seperti World Superbike dan Endurance World Championships.

 

GM-helm