Honda Senang Dengan Peran Crutchlow, Musim Depan Siap Kembali Bantu Pengembangan Motor

honda-senang-dengan-peran-crutchlow-musim-depan-siap-kembali-bantu-pengembangan-motor
Cal Crutchlow di Honda sangat penting, musim depan diharap bisa membantu tim pabrikan | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Honda merasa senang dengan peran yang dijalankan oleh Cal Crutchlow, bersama LCR musim depan pihak Honda berharap, Cal terus membantu pengembangan motor dan memberikan masukan terhadap pembalap baru tim pabrikan Honda Jorge Lorenzo.

Pembalap Inggris ini memang punya pengalaman segudang, sebelum membantu pengembangan Honda, Crutchlow pernah mengendarai motor Yamaha dan Ducati. Perannya di Honda begitu penting, termasuk dalam memilih opsi sasi RC213V yang saat ini digunakan oleh Marquez dan Pedrosa.

LENKA MiniGP SSS Racing

Cal yang dikontrak langsung oleh HRC bakal lebih sibuk di musim depan, disamping sebagai pengembang dirinya diharap bisa memberikan inputan buat Lorenzo yang musim depan bakal mengendarai RC213V, agar Lorenzo mampu beradaptasi dengan cepat dan nyetel di atas motor barunya.

“Saya pikir Cal melakukannya dengan sangat baik. Satu-satunya masalah di musim ini adalah dia kerap kali alami crash yang membuat dirinya kehilangan poin dan posisi di klasemen menjadi merosot. Tapi dengan potensi dan kecepatannya, ia sudah melakukan pekerjaan dengan baik dan sudah membantu pengembangan motor. Kami berharap tahun depan masih akan sama,” kata Alberto Puig selaku Manajer Tim Repsol Honda.

Senada dengan Puig, Tetsuhiro Kuwata juga merasa senang dengan peran penting yang dijalankan Cal di Honda untuk pengembangan motor. “Cal menjalankan tugas dengan sangat baik untuk pengembangan dan juga umpan baliknya, jadi kami ingin terus dengan cara ini di musim depan. Tentu akan membuat mesin kami menjadi lebih kuat,” ujar Direktur HRC Tetsuhiro Kuwata.

Penampilan Crutchlow di paruh musim pertama ini terbilang tidak terlalu buruk meskipun agak menurun, kemenangan di Argentina menjadikan dirinya pembalap Inggris pertama yang memimpin kejuaraan dunia sejak Barry Sheene pada 1979, dan pebalap satelit pertama yang memimpin klasemen sejak Sete Gibernau pada 2004.

Namun setelah alami crash di Texaz, Jerez dan juga Sachsenring akhir pekan lalu membuat posisi Cal Crutchlow merosot ke posisi depalan klasemen sementara MotoGP 2018, tertinggal sembilan poin dari Zarco yang menjadi pembalap satelit di posisi teratas. [DK]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD