Demi Pembalap Masa Depan, Prancis Ingin Punya Proyek Seperti VR46 Academy

Quartararo dan Zarco di GP Le Mans | Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2021, Prancis boleh berbangga. Pasalnya dua pembalap mereka berada di papan atas klasemen sementara. Fabio Quartararo terdepan dan berpeluang besar merengkuh gelar juara dunia.

Juga dengan Johann Zarco, pembalap Pramac Ducati tersebut bertengger di peringkat kedua. Bila keduanya tampil konsisten, sejarah untuk Prancis pun siap tercipta. Mereka bisa menggeser dominasi Spanyol-Italia yang selalu menempatkan pembalapnya menjadi juara.

Foto: VR46 Riders Academy

Disamping itu, Federasi sepeda motor Prancis (FFM) dikutip dari corsedimoto, juga mulai menggodok proyek pembalap masa depan. Titik acuannya adalah VR46 Academy milik Valentino Rossi. Pelatihan The Doctor terbukti sudah mengantarkan tiga pembalap di kelas utama.

SSS Racing

Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia dan Luca Marini. Itu masih bisa berlanjut bila Marco Bazzecchi jadi naik kelas. Untuk Morbidelli dan Pecco Bagnaia sendiri bahkan sudah menjadi Juara Dunia Moto2.

Johann Zarco | Foto: MotoGP

“Ide akademi jelas bagus. Dua orang Prancis di atas berarti orang-orang di Prancis mulai bermimpi. Kita harus mengeksploitasi mimpi ini, tetapi kita harus mempertahankannya selama lebih dari setahun. Kemudian kita dapat berpikir untuk mendirikan semacam akademi untuk menciptakan fondasi yang baik bagi generasi berikutnya,” kata Johann Zarco Motorsport-Total.com.

“Fabio dan saya tidak bisa mengurusnya sekarang. Bahkan Valentino Rossi tidak langsung memulai, tapi dia membangun semuanya selangkah demi selangkah. Jadi kami harus melakukannya di Prancis juga. Tapi di atas semua itu, kita harus melakukannya untuk menjaga mimpi anak-anak tetap hidup,” ungkap Zarco.

GM-helm PARD