Dalam Gelaran MotoGP Juga Ada Batas Usia Lho Gaes, Pembalap Tua Ga Bisa Ikutan Moto3

Balap Moto3 diisi oleh para pembalap berusia dibawah 28 tahun | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Tidak hanya dalam balapan nasional, dalam balap internasional nomer wahid MotoGP ternyata juga ada pembatasan usia. Hal ini tentunya sudah dipikirkan matang oleh pemangku kebijakan.

Tujuannya tentu ada banyak, misal untuk regenerasi atau juga untuk keselamatan. Misalnya nih, untuk kelas MotoGP ada pembatasan lho, jadi maksimal usia pembalap pada kelas premier ini adalah berusia 50 tahun.

Jadi Valentino Rossi sebenarnya masih bisa tuh balap di MotoGP 9 tahun lagi. Pada kelas Moto2 juga demikian, batas maksimalnya adalah 50 tahun. Hal ini berbeda dengan kelas Moto3.

SSS Racing

Pada kelas Moto3 yang memang kelas paling bawah didesain sebagai kelasnya para bibit muda. Makanya dibatasi usia untuk mengikuti balapan Moto3 adalah 28 tahun. Jadi misalnya ada rider si Anto yang usianya 29 tahun pada 1 januari 2021, Anto ga boleh tuh ikutan Moto3 di musim 2021 dan seterusnya.

Selain ada batas maksimal, dalam gelaran MotoGP juga ada batas usia minimal. Usia minimal bagi pembalap yang akan mengikuti kelas Moto2 dan Moto3 sendiri adalah sama yaitu 16 tahun.

Jika pada musim tersebut usianya belum memasuki 16 maka harus menunggu dulu. Sebelumnya peraturannya sendiri sama seperti batas maksimal yaitu dihitung saat 1 januari, tetapi berubah setelah adanya kasus Fabio Quartararo.

Quartararo yang pada 2013 dan 2014 menjadi jawara CEV Moto3 awalnya sempat tidak bisa tarung di Moto3 Dunia pada 2015. Quartararo sendiri baru 16 tahun pada bulan April 2015, akhirnya regulasi diubah sampai saat ini.

GM-helm PARD