Seputar Honda NSR 150, Salah Satu Motor Legenda Di Indonesia

Penampakan Honda NSR 150R yang sampai saat ini masih belum terlihat ketinggalan jaman

BalapMotor.Net – Setelah akhir pekan lalu (10/1) telah sukses digelar OMR Honda NSR yang digelar di gelaran Fun Race E-Event di sirkuit Sentul International. Nah kini BalapMotor.Net mau sedikit membahas seputar motor Honda NSR150R tentunya. Honda NSR 150 R merupakan motor sport berteknologi canggih pertama masuk ke Indonesia. Masuk pertama pada tahun 94, motor ini telah menggunakan jenis rangka Full Deltabox murni yang biasa digunakan oleh motor balap MotoGP. 

Pada jamannya, motor 2T keluaran Honda ini merupakan motor pertama yang menggunakan Radiator sebagai pendingin mesin yang belum diterapkan motor lokal lainnya. Terlebih, motor berkapasitas 150 cc ini dilengkapi RC Valve sebagai perangkat tambahan untuk memberi dorongan tenaga di setiap putarannya. Alat ini cara kerjanya sama dengan KIPS pada motor Kawasaki Ninja 2T saat ini. Namun pada tahun 94 tahun pertama motor NSR keluar ini adalah katup yang dikontrol oleh CDI. Pada tenaga atau RPM rendah, katup akan menutup dan pada RPM tinggi, katub akan membuka lebar. Motor ini terus berproduksi setiap tahunya dan menjadi motor idaman para biker pada kala itu meski harganya sangat tinggi.

Pada tahun 99, NSR berubah bentuk dari NSR 150 R menjadi NSR 150 RR. NSR ini kerap disebut NSR Astra. Motor ini memang kombinasi NSR asal negeri Gajah Putih Thailand. NSR Astra Honda Motor sendiri dijual di Indonesia pemasarannya sangat terbatas. Pada tahun selanjutnya, Honda kembali mengeluarkan jenis motor NSR New RR. Masalah bentuk, motor ini berbeda. Motor ini hampir sama dengan NSR SP. Namun bedanya, NSR SP dilengkapi dengan Single Arm yang menjadi cirikhas bagi motor tersebut. Memang, sampai saat ini Honda sendiri sudah tidak memproduksi NSR lagi.

Ekin, Penggemar Honda NSR150R yang datang jauh dari Jawa Timur untuk ikutan OMR
Ekin, Penggemar Honda NSR150R yang datang jauh dari Jawa Timur untuk ikutan OMR
SSS Racing

Banyak yang tidak mengetahui motor NSR itu, padahal pada eranya motor ini adalah motor tercanggih dan termewah. Mengenai model, NSR tidak kalah unik dan eksotis dengan motor saat ini. Mengadopsi jenis motor balap luar membuat NSR memiliki nilai tersendiri. Masalah Spere part sendiri, sulit untuk menemukan beberapa komponen dari NSR. Namun, sparepart NSR sendiri bisa dicari melalui para pemain NSR seperti pembalap Indonesia Tommy Patria.

“ Kalau di bilang langka atau sulit emang sulit. Kita nyari sperpart tidak seperti mencari sperpart motor lain yang di bengkel depan juga ada. Namun di bilang sulit tidak karena mereka tidak tau di mana mereka harus mencari,” ujar Tommy Patria saat ditemui Balapmotor.net

Lanjut pembalap Indonesia,” Saya memang ada beberapa barang NSR, kalau ada yang nyari saya bisa adakan barangnya, namun satu permasalahannya. Masalah waktu sedikit lama karena kita harus import dari luar barang barangnya,”

Jika merasa sparepart susah, tinggal hubungi komunitas atau ke Patria pasti akan dibantu
Jika merasa sparepart susah, tinggal hubungi komunitas atau ke Patria pasti akan dibantu

Pembalap Indonesia ini memang kerap terlihat pada ajang balap menggunakan NSR. Seperti even ITC tahun lalu, dia bersama rekan pembalap grombolannya lebih dominan menurunkan motor mewah tersebut. Motor 2Tak produk Honda ini memang sudah jarang dilihat dijalanan. Raya. Namun untuk para pecintanya sendiri saat ini masih banyak dan mudah ditemui. Para pecinta NSR sendiri teresbar di berbagai daerah seperti salah satu pecinta NSR dari Jawa Timur Ekin yang waktu itu datang di Sirkuit Sentul Bogor. Dirinya tidak takut untuk menggunakan NSR.

“ Dulu banyak orang bilang jangan mau untuk beli NSR karena susah sperpartnya, dan bengkel jarang yang mau menangani. Kebetulan saya buka bengkel dan saya juga nolongin dari pecinta NSR asal Jawa Timur sperpart juga banyak  jadi jangan takut untuk memiliki NSR,” ujar Ekin NMC Surabaya.

Ekin sendiri memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya sangat mencintai NSR. Dirinya juga sudah mengicipi segala jenis NSR. Dirinya sendiri sangat setia dengan motor NSR, pertama kali memiliki motor dirinya sampai sekarang menggunakan motor mewah NSR.

“ Saya pertama suka honda, NSR melegenda, dan GP make NSR. Dan saya suka sekali dengan NSR, kebutalan saya sudah ngicipin semua NSR dari R sampai SP kalau NSR 250 saya pernah nunggangin tapi ga mampu beli masalah harga,” tutup Ekin. [ dewa ]

GM-helm PARD