Pilih Ban Tubeless Atau Ban Biasa, Nih Keunggulan dan Perbedaannya

BalapMotor.Net – Kembali lagi kita ulas tentang ban ya gaes. Mungkin buat sobat balap mania masih ada yang belum paham tentang ban tubeless dan ban tubetype (ban biasa).

Dua type ban ini masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Jadi sebelum memilih type ban yang akan digunakan di sepeda motor kalian, alangkah baiknya kalian pahami dulu tentang perbedaan ban tubeless dan ban biasa ini.

Ban Tubeless:

Ban tubeless ini dalam dinding ban akan timbul tulisan tubeless. Material ban tubeless bagian dalamnya akan dilapisi oleh inner liner yang berfungsi sebagai penganti ban dalam. Jadi lebih praktis ya gaes.

SSS Racing

Nah, dari segi bentuk ban tubeless lebih bulat dibandingan ban biasa. Lebih nyaman dipakai untuk menikung maupun dalam kondisi hujan. Ban tubeless sendiri lebih tebal dan lebih kuat dari ban biasa, lebih kokoh untuk berbagai kondisi jalan.

Selain itu ban tubeless bisa bertahan lebih lama dan lebih tahan akan kebocoran, dikarenakan ban tubeless bagian dalamnya dilapisi komponen fluid sealant sehingga tekanan udara tidak langsung drop apabila terkena tusukan benda tajam.

Melihat berbagai keunggulan ini, ban tubeless memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan ban biasa.

Ban Biasa (Tubetype):

Sementara ban biasa juga mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya bentuk ban yang condong persegi membuat keseimbangan lebih baik. Selain itu ban biasa mempunyai performa meredam gataran yang cukup baik dan lebih tahan panas.

Selain itu, ban biasa harganya relatif murah dan ketika mengalami kebocoran lebih mudah untuk diperbaiki hampir disemua bagian ban.

Nah, dengan perbedaan ini bisa dijadikan pertimbangan bagi sobat mania ketika akan membeli ban yang sesuai kendaraan dan kebutuhan dijalan ya.

GM-helm PARD