Penjelasan Tentang Helm Standar Buat Balap Motor

Yamaha

BalapMotor.Net – Kalau bicara soal helm buat balapan, tentu saja kita langsung tertuju pada kualitas dari helm tersebut. Nah kalau bicara kualitas tentu saja banyak yang belum tau pastinya mana helm yang benar-benar berkualitas dan layak buat balap. Jika kita hanya melihat dari standar seperti DOT, SNELL dan lainya tentu saja bisa terkecoh karena bisa dipalsukan.

Nah pada saat acara gathering pembalap yang di support Helm KYT, Hendry Tedjakusuma selaku direktur dari PT. Tarakusuma Indah selaku produsen helm KYT memberikan pengetahuan langsung soal helm yang benar-benar layak buat dipakai balap motor.

Menurut bos dari produsen helm yang sekarang dipakai oleh pembalap MotoGP Iannone ini helm yang baik buat balap batoknya itu berbahan Komposit. ” Orang bisa berbicara bila helm yang bagus itu berbahab fiberglass ataupun Karbon, Namun yang sebenarnya paling bagus itu helm berbahan dasar komposit. ” Ungkap Hendri Tedjakusuma.

Hendri Tedjakusuma
Hendri Tedjakusuma

Beliau juga menjelaskan bahwa komposit itu bukanlah jenis bahan seperti ABS, Fiber ataupun Karbon, melainkan proses pembuatan dari batok tersebut. Jadi helm komposit itu bahan batoknya itu berlapis-lapis. Jadi batoknya tidak hanya selapis. Hal ini di gunakan agar helm bisa lebih melindungi kepala dari benturan. Jadi impact yang menuju kepala akan di kurangi oleh satu-persatu lapisan tersebut sebelum mengenai foam atau busa dan kepala. Untuk bahan komposit itu sendiri bisa dari Fiberglass ataupun Karbon.

Untuk helm KYT yang buat balapan tentu saja sudah menggunakan bahan dasar batok dari komposit. Ada yang dari bahan Komposit Fiberglass maupun komposit Karbon. Apalagi untuk helm yand dipakai oleh Andrea Iannone di MotoGP dan Xavier Simeon di Moto2 itu sudah dijamin merupakan helm yang pastinya sangat layak buat dipakai di MotoGP. Dan kini helm KYT juga telah dikonfirmasikan bahwa helm KYT telah lolos sebagai produk yang layak buat MotoGP oleh IRTA ( International Rider Team Asociation ).

Penulis : Didit   | Foto : Luvo

helm KYT Topan

SSS Racing