Penjelasan Tentang Fisiotherapi Bagi Pembalap

GM-helm

BalapMotor.Net – Setelah membaca tentang artikel BalapMotor.Net tentang tim Honda Golden yang memiliki ahli medis sendiri, pasti balap mania bertanya – tanya tentang pentingnya fisiotherapi bagi pembalap. Nah buat balap mania Fisiotherapi memang sih bukan untuk mengobati saat pembalap cidera patah tulang, namun fisioteraphi lebih ke mengembalikan atau memulihkan fungsi fisik. Kali ini ahli fisiotherapi dari tim Honda Golden, Ninuk Kusumawati MFis kasih tau penjelasanya kepada balap mania tentang fisiotherapi untuk pembalap.

Ninuk Kusumawati MFis menjelaskan bahwa : ” Semua cabang olahraga memiliki banyak resiko cidera, apalagi untuk olahraga Otomotif khususnya balap motor, seperti terjatuh atau salah gerak bisa menyebabkan robekan atau  putusnya jaringan lunak seperti ligamen, otot, tandon hingga terjadinya patah tulang. Pada kondisi seperti ini dibutuhkan penanganan medis profesional seperti dokter atau Fisioterapis. Fisiotherapi dengan ilmu yang dimiliki mampu membantu dalam pemulihan cidera dalam hal ini penanganan nyeri, untuk mendapatkan dan meningkatkan kembali fungsi fisik. Pada intinya fisiotherapi memberikan pelayanan terhadap cidera yang meliputi pencegahan, pemulihan dan pencegahan cidera berulang ” tutur Ahli terapis asal Madiun Jawa Timur ini saat ditemui di tempat kerjanya di RS.PT.PN Subang.

Jadi karena pembalap dituntut untuk selalu fit, maka fisiotherapi sangatlah penting, kalau melakukan penanganan medis diluar ahlinya mungkin bisa membuat fatal. Apalagi sekarang jadwal balap sangat padat merayap, jadi harus segera dilakukan penanganan medis setelah balapan, baik bagi yang mengalami cidera maupun yang tidak. luvo

Ninuk Kusumawati M.Fis
Ninuk Kusumawati M.Fis
SSS Racing