MotoGP : Dorna Di Desak Untuk Ubah Aturan Batas Umur Moto3, Demi Fabio Quantararo

GM-helm

BalapMotor.Net – Peraturan batas umur minimal untuk mengikuti kejuaraan Moto3 saat ini yaitu minimal 16 tahun, jadi sebelum 16 tahun dilarang mengikuti balapan kelas terbawah di MotoGP ini. Sebenarnya di musim lalu ada  beberapa pembalap yang tidak bisa mengikuti beberapa seri awal di Moto3 karena baru memasuki 16 tahun di pertengahan seri.

Nah di musim ini sebenarnya dialami oleh Fabio Quantararo pembalap muda Prancis yang tahun 2013 lalu menguasai balapan CEV Spanish Moto3. Karena Quantararo lahirnya pada 20 April 1999  dan tahun ini saja baru masuk 15 tahun jadi umtuk musim depan saja dia masih belum bisa mengikut beberapa seri awal Moto3.

Nah kasus ini yang sedang diusahakan oleh Shuhei Nakamoto dari HRC dan manajer tim dari Fabio yang juga penemu bakat Marz Marquez  Emilio ALzamora sedang mendesak Dorna selaku penyelenggara MotoGP agar mengubah peraturan tersebut untuk Fabio Quantararo. Pada saat Sabtu kemarin sih kedua pihak ini sudah bertemu dengan Dorna, namun hasilnya masih menunggu sampai GP Brno nanti.

Hal ini dikarenakan dengan bakat yang dimiliki Fabio Quantararo yang meski di 2013 baru mengikuti CEV Spanish Moto3 langsung menguasai dan jadi jawara di musim itu, nah di musim ini karena belum cukup umur maka Fabio masih tetap di ajang tersebut untuk mempertahankan  juaranya. Namun kemungkinan besar desakan dari HRC kayaknya bisa deh seperti peraturan Rokkie yang ga boleh langsung ke tim pabrikan di kelas MotoGP saat Marquez baru naik kelas. Pembalap Indonesia kapan nih bisa masuk ke MotoGP, kapan yah. Luvo

SSS Racing