Ada Kotak Hitam di Atas CVT Matic Honda, Yuk Kenali Fungsinya!

BalapMotor.Net – Motor tipe AT (automatic transmission) yang juga dikenal luas dengan sebutan skuter matik (skutik) saat ini menjadi primadona dan pilihan utama pengguna sepeda motor di wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas. Tercatat sepanjang tahun 2022 lalu skutik berkontribusi lebih dari 92% dari total penjualan sepeda motor Honda. Selain karena tersedia dalam berbagai model dengan karakter dan fitur yang beragam, skutik Honda juga menawarkan akomodasi dan nilai fungsionalitas yang tinggi.

Meskipun sangat populer, masih banyak pemilik motor yang belum mengenal setiap komponen pada skutik kesayangannya. Salah satunya adalah kotak hitam yang berada di atas girboks CVT skutik yang posisinya berada di dekat suspensi belakang sebelah kiri.

LENKA MiniGP SSS Racing

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro memaparkan, kotak hitam tersebut memiliki fungsi yang krusial yaitu sebagai pelindung sensor kecepatan (speed sensor).

“Kotak tersebut berfungsi untuk melindungi sensor yang membaca kecepatan sepeda motor. Sensor tersebut juga merupakan komponen wajib untuk syarat berfungsinya fitur Idling Stop System (ISS)”.

Sensor tersebut diletakkan di bagian belakang karena sensor membaca kecepatan dari gigi transmisi dan letaknya ada di belakang CVT dekat dengan roda belakang skutik Honda. Sensor kecepatan ini ada di seluruh skutik Honda baik itu Honda BeAT series, Honda Genio, Honda Scoopy, Honda Vario 125, Honda Vario 160, Honda PCX160, Honda ADV160, hingga Honda Forza.

“Meskipun terkesan sederhana, namun komponen ini melindungi sensor yang penting dan berpengaruh terhadap berfungsinya fitur lain. Dengan adanya komponen ini diharapkan sensor kecepatan bisa terlindung dari kotoran serta benturan saat skutik digunakan untuk berbagai aktivitas.” tutup Danang Priyo Kumoro. (rls)

 

GM-helm VND Racing PARD