Yamaha Endurance Festival: SMK Walang Asah Siswa Berkompetensi Jadi Mekanik Dan Pembalap

Aksi pembalap SMK Walang Jaya di Yamaha Endurance Festival | Foto : Oxs

BalapMotor.Net – Yamaha Endurance Festival pastinya menjadi panggung untuk berbagai peserta yang hadir, baik untuk menguji kebolehan, penelitian, hingga mengasah minat dan bakat. Itu yang dilakukan SMK Walang Jaya pada gelaran YEF 18-19 Desember 2021, kemarin di Sentul Internasional Sirkuit.

Berhubung sekolah tersebut memiliki jurusan yang relatif paralel alias cocok untuk diterapkan di YEF, “sehingga kami antusias untuk hadir disini. Kebetulan tiga jurusan dari sekolah kami dapat tampil disini, mulai dari tbsm (teknik sepeda motor), tkr (teknik kendaraan ringan), dan juga ada akuntansi.” Tukas Alvian Patinama yang merupakan koordinator dari tim ini.

LENKA MiniGP SSS Racing

SMK Walang Jaya yang terletak di Jakarta Utara itu, juga memiliki sosok yang sangat mencintai balap motor di sekolahnya, “kami bersyukur bisa didukung langsung oleh Yayasan SMK Walang Jaya. Dan memang pimpinan Yayasan ini, Pak Haji Nugroho juga sangat senang dengan kegiatan balap motor. Beliau memberikan full support unutk kami,” lanjut Alvian dengan tersenyu, dan menyampaikan kesan – kesan baik akan Pak Haji Nugroho.

Pasukan SMK Walang Jaya

Tentunya dengan jurusan teknik mesin yang tersedia di SMK tersebut, mereka ingin menyalurkan bakat dari siswa – siswanya di kegiatan ini. “Tujuan terpenting kami tentu bisa mengasah dan menyalurkan bakat masing – masing siswa kami. Yaitu bisa menjadi mekanik – mekanik profesional dan kalau bisa juga menciptakan pembalap – pembalap profesional pula,” harap Alvian dengan optimis.

Oleh karena itu, sebagian besar orang – orang yang terlibat di dalam tim ini adalah anak – anak dari sekolah SMK Walang Jaya tersebut. “Ada beberapa mekanik yang masih merupakan siswa kelas dua dan kelas tiga SMK ini. Saya sendiri juga merupakan seorang alumni. Dan nantinya, mereka yang sudah alumni juga harus menyalurkan ilmunya ke adik kelasnya, agar terjadi regenerasi,” tambah Alvian.

Dengan adanya Yamaha Endurance Festival ini, pastinya mereka juga sangat senang. “Apalagi, selaku bagian dari YROI, kami juga diundang. Pastinya kami antusias untuk mengikuti gelaran ini. Karena kami sudah terbiasa dengan drag bike, dan ikut event road race sebesar ini juga jarang – jarang. Pengalaman ini akan jadi sangat berharga,” tutup Alvian. | Rai

 

GM-helm VND Racing PARD