Yamaha Cup Race 2015 Banda Aceh : Riset Injeksi Masuk Sumatera, Tinggal Tunggu Waktu

Tedy Permana dengan Yamaha Z1 Injeksi patut diperhitungkan

BalapMotor.Net – Di ajang Yamaha Cup Race ( YCR ) 2015 Banda Aceh ( 23-24/5 ) yang berlangsung di sirkuit Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, kita bisa melihat langsung bahwa riset kuda besi injeksi sudah sampai Sumatera. Yamaha Jupiter Z1 yang dari tim Yamaha Yamalube RPM NHK FDR SSS KYB AHRS R9 RCB MRT yang dipacu Tedy Permana mampu memberikan perlawanan. Kuda besi yang terkenal mempunyai body yang yahud ini tentu saja bakalan membahayakan, tinggal tunggu waktu.

Motor hasil karya tuner handal tanah air Waskito Ngubaeni alias Merit ini baru 2 kali diturunkan di ranah balap Sumatera. Dimulai ketika seri Motoprix Minggu lalu yang bertempat yang sama yaitu di sirkuit STD Harapan Bangsa, Banda Aceh. Nah di seri YCR 2015 Aceh kali ini Tedy Permana yang merupakan pembalap asli Karawang, Jawa Barat ini bisa menempatkan dirinya jadi yang terbaik ke-5 dengan kuda besi injeksi tersebut.

Merit
Merit

Saat ditilik, sebenarnya nih kuda besi hampir sama dengan kuda besi Yamaha Z1 yang dipacu Ervantona yang juga pembalap dari tim ini yang turun di region 2 Jawa. Hanya saja karena gaya balap yang sedikit berbeda antara keduanya, jadi setingan ada sedikit perubahan.

SSS Racing

” Motor ini sebenarnya tidak jauh beda dengan yang dipacu Ervantona, hanya saja karakter dan gaya balap Ervantona dan Tedy Permana berbeda, jadi kita lakukan sedikit penyesuaian. Tedy Permana lebih lembuh bawa motornya dan dia lebih senang rolling speed. ” tutur Merit.

Untuk peak power sendiri, seperti motor balap injeksi lainya motor Yamaha Jupiter Z1 dari tim asal Medan ini juga berkarakater bertenaga di atas. ” Untuk peak powernya sendiri saya patok di 8-9ribu rpm,” tambah Merit yang di YCR Aceh datang menangani langsung ini.

Untuk urusan korekan mesin injeksi, tentu saja yang perlu ditilik yaitu ECU ( Electronic Control Unit ). Nah untuk kuda besi yang menempel terus di rombongan terdepan saat race ini menggunakan ECU Vortex untuk motor SE KX250F. Saat ini Merit yang berdomisili di Solo ini sedang fokus untuk mencari setingan ECU injeksi Z1. ” Saat ini saya sedang fokus terhadap setingan ECU yang semuanya terkalibrasi dari mulai suhu udara, suhu oli, cuaca dan banyak lagi yang sangat berpengaruh untuk setingan. ” Kata Merit lagi.

Rizky Yoanda dari Yamaha Alfa Scorpii juga pacu Z1 Injeksi
Rizky Yoanda dari Yamaha Alfa Scorpii juga pacu Z1 Injeksi

Selain Yamaha Jupiter Z1 dari tim Yamaha Yamalube RPM NHK FDR SSS KYB AHRS R9 RCB MRT, tim Yamaha Yamalube Alfa Scorpii NHK Best3 FDR Yonk Jaya juga menurunkan kuda besi Injeksinya. Kuda besi dari tim main dealer Yamaha terbesar di kawasan Sumatera bagian Utara ini dipacu oleh rider asal Sumbar yaitu Rizky Yoanda. Kita tunggu saja gebrakan dari kuda besi injeksi di ranah Sumatera.  [ luvo ] foto : luvo

                Yamaha Cup Race 2015 Banda Aceh : Riset Injeksi Masuk Sumatera, Tinggal Tunggu Waktu

GM-helm PARD