Yamaha Bahtera Pakai Motor Spek Sunday Race di Balap Ketahanan YEF 2022, Awet?

Rundheng GDT, mekanik Yamaha Bahtera Racing

BalapMotor.Net – Mengikuti balap ketahanan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival (YEF) 2022, ternyata Yamaha YZF-R25 pasukan Yamaha Bahtera Racing tetap menggunakan spesifikasi Yamaha Sunday Race (YSR).

Padahal, balap di YEF sendiri untuk kategori R25 Pro dibalapkan dalam jangka waktu 2 jam non stop. Pastinya membutuhkan ketahanan mesin. Jika menggunakan spek YSR ditakutkan mesinnya tidak awet.

LENKA MiniGP SSS Racing

Tetapi Rundheng GDT selaku mekanik dari tim asal Tulungagung, Jatim ini yakin mesinnya akan tetap awet. “Kita pakai mesin spek Yamaha Sunday Race mas, jadi sejak final Sunday Race tidak diapa-apain mas,” terang Rundheng.

Aksi Abdul Gofar

“Sejak awal ikut Endurance, kita memang selalu menggunakan mesin dengan spek Sunday Race mas, dan terbukti awet, yang penting sering-sering cek rantainya,” tambah Rundheng GDT yang pernah mengawal tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) balap di Suzuka 4 Hours Endurance ini.

Mengenai keawetan mesin sendiri, Rundheng mengatakan bahwa ritme pembalapnya saat balap menjadi penentu. Jadi si pembalap tidak boleh ngegas seperti saat balap di Yamaha Sunday Race.

“Yang penting pembalapnya tidak ngepush mas, jadi mereka kita patok berlari sekira 1 menit 46 detik saja karena time segitu yang saya rasa pas,” ungkap Rundheng.

“Lagian jika dipatok 1 menit 44 detik seperti saat balap di Sunday Race, selain mesin dan ban tidak awet, pembalapnya juga akan cepat capek,” tambah Rundheng yang sudah menyiapkan strategi pit untuk balapan besok ini. | Luvo

GM-helm VND Racing PARD