Tutup Filter Oli MX King Bersirip Ala GDT Racing, Fungsinya?

Tutup Filter oli bersirip karya GDT Racing

BalapMotor.Net – Pada gelaran ICP Subang 2021 lalu, ada penampakan yang berbeda di mesin Yamaha MX King garapan GDT Racing. Ada sirip seperti pendingin udara pada blok mesin berpendingin udara di bak kopling MX King GDT Racing baik di tim King 23 maupun Creampie Pejantan Tangguh.

Ternyata, itu merupakan tutup filter oli yang dibuat khusus dengan diberikan sirip. Fungsinya apa, tentunya untuk mendinginkan oli yang melewati filter oli. Prinsip kerjanya ya sama seperti mesin berpendingin udara.

Sebenarnya model seperti ini banyak terlihat pada motor-motor gede terutama yang naked bike yah. Namun untuk balap bebek sepertinya ini baru ada di pacuan GDT Racing.

Widya Krida Laksana (GDT Racing)
SSS Racing

Widya Krida Laksana alias Gendut dari GDT Racing sendiri mendapatkan inspirasi karena semua mekanik berlomba-lomba fokus di radiator. Lalu regulasi oil cooler yang dilarang, makanya Gendut mencoba menciptakan tutup filter oli model tersebut.

“Kalau ini yang bikin saya dan Pak Banu mas. Inspirasinya ya karena yang lain pada fokus di radiator lalu oil cooler juga dilarang, dan akhirnya tercetus ide tersebut,” ungkap Gendut GDT Racing yang ditemui penulis di paddocknya.

Sepertinya tutup filter oli model seperti ini bakalan rame nih kedepannya dan pastinya bakal ada produsen sparepart yang bikin xixixi. |Luvo

GM-helm PARD