Mantap !!! Jambi Bakal Punya Sirkuit Permanen Grade B di Kabupaten Tanjab Timur

Saat ini dalam tahap pengerasan
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Mimpi para pecinta balap di provinsi Jambi untuk memiliki sirkuit permanen sepertinya akan segera terwujud. Pemkab Tanjab Timur bersama Pengprov IMI Jambi sedang membangun sebuah sirkuit dengan standar grade B yang tentunya bisa digunakan untuk balap sport 250cc.

Menurut Ketua Harian IMI Jambi yaitu Darmawansyah, sirkuit yang akan dinamai Sabak Circuit ini pada tahun 2019 akan dimulai pengaspalannya. Saat ini sendiri masih dalam tahap pengerasan tanah agar bisa lebih maksimal nantinya.

“Sabak Circuit sendiri saat ini lagi dikerjakan, tahun ini di APBD naik perkerasa, pada tahun 2019 pengaspalan dan siap digunakan event pada tahun 2020 nanti,” ujar Darmawansyah yang juga memegang certificate of completion dari PP IMI dan Tilke dalam kegiatan seminar design sirkuit dan safety workshop ini.

Desain Sabak Circuit, Tanjab Timur-Jambi

Mengenai sirkuitnya, Mawan Dragon nama tenar dari Darmawansyah mengakatan bahwa sirkuit tersebut akan mengejar standar Grade B agar bisa digunakan untuk beberapa balapan nasional, termasuk juga balap sport.

“Untuk sirkuitnya mempunyai panjang 2.5Km dengan lebar sekitar 12 meter dan 15 meter di street area grid start/finish. Jadi sirkuit ini cukup lebar, selain itu kita juga buat kombinasi trek dengan panjang 1,3 dan 1,6km. Untuk run off kita juga ikuti standar yaitu 20 meter,” ungkap Darmawansyah.

Darmawansyah selaku ketua harian IMI Jambi sekaligus pengawas serta tim ahli dari pembangunan sirkuit Sabak

“Dengan standar grade B, sirkuit ini nantinya bisa digunakan untuk beberapa event balap, seperti Kejurnas IRS, Motoprix, Event lokal, Racing School, Drag Race dan juga Drag Bike karena trek lurusnya mempunyai panjang lebih dari 500 meter,” tambah Darmawansyah.

Sirkuit yang digagas oleh sang bupati Tanjab Timur yaitu H. Romi Hariyanto SE ini akan dibuat bertahap, karena menggunakan dana APBD. “Kita buat bertahap, seperti fasilitas yang akan menyusul pada tahun 2020.” Ujar Darmawansyah.

Perlu diketahui juga bahwa Sabak Circuit ini akan menggunakan lahan seluas 41 Hektare dan letaknya hanya sekitar 1,5 jam perjalanan. Jika sudah jadi tentunya akan menjadi alternative bagi event-event balap nasional. Semoga pembangunannya tidak ada halangan dan segera digunakan bagi para pecinta balap di Provinsi Jambi. | Luvo

Syafruddin, Ketua Umum IMI Pengprov Jambi
Pembangunan sirkuit Sabak
SSS Racing GM-helm