Jupi “Jahat” OP27 ft MBKW2

Jupi Jahat OP27 ft MBKW2
GM-helm

BalapMotor.Net – Istilah “jahat” memang akhir-akhir ini sering digunakan oleh para penggemar otomotif untuk mengekspresikan modifikasi yang tidak umum. Salah satu contohnya seperti Pitung Jahat, CB Jahat dan lain sebagainya. Kali ini dunia drag bike tidak mau ketinggalan. Satu spek Bebek 4T TU 130cc dari Jogjakarta kali ini nampaknya pantas untuk disebut sebagai Jupi Jahat.

Mengapa? Lihat saja dari rangka yang digunakan. Pasti balapmania menyangka motor ini adalah motor 2T atau motor sport. Salah besar! Ini adalah motor dengan basic Yamaha Jupiter yang dimodifikasi dengan merubah konstruksi rangka menjadi tidak umum di kelasnya. Di kelas Bebek 4T TU 130cc kebanyakan menggunakan rangka bawaan pabrik dan hanya dipotong bagian belakangnya saja. Tetapi motor ini, justru hanya menyisakan bagian dudukan mesin saja, lainnya dimodif dengan menyatukan besi layaknya motor sport.

Rangka mirip dengan sport TU

Sistem peredam pun dirubah dari yang tadinya double shock, sekarang dirubah menjadi mono shock. Setelah diselidiki ternyata motor ini adalah kepunyaan dari tim OP27 Jogjakarta. Ya, tim ini memang sudah melalang buana dikancah drag bike tanah air. Pacuan mereka seperti Ninja TU, Ninja Standar, 2T TU 140cc, Matic TU 200cc dan FU 200cc milik mereka kerap mengisi podium di event-event bergengsi. Lalu apa tujuan Taufik Omponk selaku owner tim membuat Jupi Jahat ini?

“Alasannya sih pengin buat sesuatu yang baru mas, jadi ngga gitu-gitu aja. Dulu juga pernah pake rangka ninja RR mas hehe”, ungkap Taufik Omponk yang juga joki senior Indonesia ini.

Kestabilan dan bobot rangka tentu menjadi pertimbangan utama. Pasalnya perombakan yang dilakukan jauh dari bentuk aslinya. Jadi jangan sampai setelah dirubah justru menjadi lebih susah di handling. Bila rangka sudah se-extreme ini, mana mungkin mesin akan dibuat biasa saja. Untuk mengikuti extreme nya rangka, Taufik Omponk mempercayakan korekan mesinnya kepada Mlethiz dari MBKW2 Jogjakarta.

Basic menggunakan rangka asli Jupiter

Mlethiz memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya untuk mengorek mesin-mesin berkecapatan tinggi. Selain di dunia road race, garapan Mlethiz juga digdaya di pertarungan drag bike tanah air. Selain meriset motor OP27, Mlethiz juga tengah meriset Bebek 4T TU 130cc dengan sistem injeksi didalamnya.

“Sampai saat ini progress motor sudah 60% mas. Semoga bisa bersaing dengan jagoan-jagaoan 130 TU yang lain”, tutup Taufik Omponk.

Pasti balapmania sudah penasaran kan dengan Jupi Jahat ini? Jadi, mari kita tunggu bagaimana prestasi dari Jupi Jahat OP27 ft MBKW2 di event-event drag bike mendatang. [ richard ]

SSS Racing