Final Motoprix Surabaya 2019 : SSS Racing Hadirkan RK Alignment Tool, Fungsinya?

RK Alignment Tool
Yamaha

BalapMotor.Net – Guna memaksimalkan kerja rantai dan gir pada pacuan balap yang merupakan bagian yang cukup vital, SSS Racing menyiapkan alat khusus. Jadi pada final Motoprix Jawa 2019 yang berlangsung di Surabaya (19-20/10) tim dari SSS Racing membawa alat yang bernama RK Alignment Tool.

Alat tersebut adalah alat pengukur kelurusan antara rantai dan gir. Beberapa kejadian pada beberapa event balap dimana gir dan rantai kurang lurus membuat rantai lepas atau putus saat dipacu di lintasan balap.Tentu saja ini merugikan bagi si pembalap yang sedang bertanding.

Beberapa penyebabnya sendiri menurut Marcel dari SSS Racing Indonesia karena posisi rantai dan gir yang kurang lurus. Maka dari itu Marcel membawa RK Alignment Tool pada Final Motoprix Jawa 2019 yang berlangsung di sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya tersebut.

Marcel dari SSS Racing Indonesia saat di Final MP Surabaya 2019

“Ini karena pada beberapa kasus lepas atau putusnya rantai motor balap yang salah satu penyebabnya adalah karena kurang lurusnya posisi rantai dan gir. Alat ini sengaja kita bawa untuk mengukur kelurusan rantai dan gir pada motor balap yang kita support. Jadi nanti saya satu persatu mengecek pada motor-motor tersebut,” ungkap Marcel saat ditemui penulis.

Alat RK Alignment Tool sendiri sebenarnya cukup sederhana. Tetapi tentu saja fungsinya cukup vital karena jika kita hanya mengandalkan mata telanjang untuk mengukur kelurusan rantai dan gir, pasti ada keterbatasannya. | Luvo

GM-helm SSS Racing