Dengan Formasi 2017, Yamaha Siap Pertahankan Juara Nasional 150 & 250

Dengan Formasi 2017, Yamaha Siap Pertahankan Juara Nasional 150 & 250
Dengan Formasi 2017, Yamaha Siap Pertahankan Juara Nasional 150 & 250

BalapMotor.Net – Tidak terasa, besok (18-19 Maret) gelaran Kejurnas IRS 2017 akan dimulai. Kejurnas IRS yang notabene mempertandingkan Kejurnas Sport 250 cc dan Kejurnas Sport 150 cc. Sehubungan kompetisi di musim ini, pabrikan Yamaha Indonesia terbukti memperkuat barisan tim ataupun ridernya yang mengandalkan motor sport YZF-R25 dan YZF-R15.

Tahun ini pabrikan Yamaha terlihat lebih solid dan siap bertarung tim-tim baru memperkuat formasi lama. Diantaranya yang ikut bersaing di Kejurnas Sport 250 cc dan Kejurnas Sport 150 cc ialah  Yamaha Hawadis, Yamaha 549 Kaboci, Yamaha Waloja Kheevalindo, Yamaha Putra Anugrah dan Yamaha Syafina.

Sedang tim yang baru fokus di Kejurnas Sport 150 cc saja ialah Yamaha RRS (Yamaha Racing Speed) dan Yamaha Borneo. Diantara racer-racer anyar yang memperkuat tim garputala ialah Gupita Kresna, Rafid Topan, Wahyu Aji, Febrianus Balank, Bangun Septiana dan lain-lain. Alhasil, rider-rider tersebut memperkuat kekuatan lama diantaranya dari pasukan Yamaha Bahtera Racing, Yamaha TJM, Yamaha Ardians, Yamaha HRP dan Yamaha Akai Jaya.

Syahrul Amin juara nasional Sport 150 dan 250 musim 2016
Motor & Pembalap Siap
SSS Racing

Berbagai persiapan riset ataupun fisik dilakukan mekanik ataupun pebalap Yamaha. “Tahun ini memang pertarungan lebih ketat. Namun kita akan berupaya mempertahankan gelar juara nasional Sport 250 cc dan Sport 150 cc yang diraih Syahrul Amin di IRS 2016, “terang Novi Endaryono selaku General Manager tim Yamaha Bahtera Racing.

“Untuk motor R25 kita sudah lakukan repair dengan perangkat baru semua. Sekarang masih dalam proses running dan riset konsisten berlangsung menyesuaikan regulasi baru piston dan magnet standar pabrik. R25nya Syahrul Amin sudah tembus 44,8 HP. Target kita bisa menjadi 46-47 HP, “timpal Widya Krida Laksana, akrab disapa Gendut GDT Racing, mekanik Yamaha Bahtera Racing yang yang melakukan pengukuran tenaga dan torsi di dynotest Cream-pie Jogjakarta.

Hawadis
Tambahan Tim Baru

Tidak ketinggaan, tim-tim baru juga membangun motor-motor baru dan terus intens melakukan riset pengujian. Seperti Yamaha TJM yang dikomandoi mekanik Hawadis dan siap mengandalkan Wahyu Aji dan Febrianus Balank. Ataupun Gupita Kresna (Yamaha Borneo) yang siap berjibaku di Kejurnas Sport 150 cc an dikawal tuner Bima Aditya.

“Kita bangun motor baru semua. Untuk Sport 150 cc sudah ada basic data tahun lalu. Tinggal pengembangan saja. Sekarang ini lebih konsen di R25. Minggu lalu, kita seharian setting suspensi di Sirkuit Sentul sesuai dengan masukan pembalap, Wahyu Aji dan Febrianus Balank, “tutur Hawadis yang setia ditemani Robert Cong sehubungan mapping pengapian ECU aRacer. | YRI

GM-helm PARD