Apakah Indoprix 2016 Bakalan Sepi ?

BalapMotor.Net – Gelaran Indonesia Road Racing Championship (IRRC) atau Indoprix di musim 2016 nampaknya akan sedikit sepi.Hal ini diakibatkan adanya beberapa tim balap yang sudah mengkonfirmasi bahwa tim yang sebelumnya fokus di ajang tersebut tidak turun di Indoprix 2016.

Kabar ini reporter terima langsung dari Novi Endaryono selaku GM dari tim Yamaha Bahtera akhir pekan lalu. Novi Endaryono mengatakan bahwa timnya di 2016 hanya fokus di ajang Motoprix dan kejurnas sport dalam hal ini adalah IRS. Untuk Indoprix sendiri Novi mengatakan kalau tim Yamaha Bahtera yang merupakan tim asal Jawa Timur ini tidak turun.

Novi Endaryono dan Wilman Hammar
Novi Endaryono dan Wilman Hammar
LENKA MiniGP SSS Racing

” Kita di 2016 hanya fokus di Motoprix dan Kejurnas Sport (IRS) serta OMR tentu saja. Untuk Indoprix kita tidak ada kontrak dengan Yamaha untuk turun di ajang tersebut.” ungkap Novi Endaryono yang ditemui langsung oleh reporter di Surabaya, Jawa Timur ini.

Melihat dari tidak ikutnya tim Yamaha Bahtera di ajang Indoprix 2016 tentunya menjadikan pertanyaan apakah Yamaha memang tidak mensupport timnya untuk turun di Indoprix 2016. Saat ditelusuri tim dari BalapMotor.Net ke Yamaha memang ternyata demikian adanya. Hal ini diungkapkan oleh Supriyanto selaku manajer motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Supriyanto, Manajer Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Supriyanto, Manajer Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

“Dari awal kita sudah tentukan, bahwa untuk balap moped atau bebek, itu di Motorprix. Sedang Sport, kita tarung di IRS yang berstatus Kejurnas. Kita main di Sport 250 dan Sport 150. Jadi tidak ada tim yang fokus di Indoprix. ” tutur Supriyanto.

Mahalnya biaya untuk turun di balap Indoprix juga menjadi alasan Yamaha untuk tidak menurunkan timnya. Perlu diketahui balap Indoprix sendiri serinya ada di beberapa pulau di Indonesia.“Balap Indoprix itu mahal karena di berbagai sirkuit yang jauh. Bisa bayangin kalau sekali balap habis 60-80 juta. Belum lagi soal hadiah yang gak jelas, “ ungkapnya yang dikutip dari Otre.

Selain tim Yamaha, BalapMotor.Net juga mendapatkan info dari salah satu tim Honda yang ternyata juga tidak turun di ajang Indoprix. Tim Honda Kawahara yang merupakan salah satu tim riset dari Honda Indonesia juga hanya akan fokus di ajang Motoprix, Kejurnas Sport dan OMR. Hal ini diungkapkan langsung oleh Jessy “Coq” Siswanto selaku owner dari Kawahara Racing.

Jessy Coq Siswanto owner Kawahara Racing
Jessy Coq Siswanto owner Kawahara Racing

” Tahun ini kita hanya fokus turun di Motoprix dan IRS (Kejurnas Sport) untuk Indoprix kita tidak turun. ” tutur Jessy “Coq” Siswanto yang ditemui langsung di markasnya di bilangan Jakarta Barat.

Dengan adanya ini tentu saja membuat pertanyaan apakah Indoprix benar-benar akan sepi di musim ini atau seperti apa. Yang jelas kita semua pasti ingin balapan bebek dengan level tertinggi di Indonesia ini tetap eksis dan levelnya tetap nomor satu. [ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD