Paduan Rasio Yang Tepat Plus Gir-Set SSS Racing Antar Topan Juara Indonesia MP2

Racikan Rasio Yang Tepat Plus Gir-Set SSS Racing Antar Topan Juara Indonesia MP2
Racikan Rasio Yang Tepat Plus Gir-Set SSS Racing Antar Topan Juara Indonesia MP2

BalapMotor.Net – Bagi balap mania, siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya Rafid Topan Sucipto. Mantan pembalap Moto2 ini penampilannya dari awal debutnya sampai sekarang cukup terkenal dengan keagresifannya. Nah, akhir pekan lalu, pembalap asal DKI Jakarta yang saat ini membela tim Yamaha IRC KYT Syafina ini mampu meraih gelar juara Indonesia kelas MP2.

Penampilan apik Topan saat balapan di sirkuit Perkantoran Pemkab Aceh Timur (2-3/12) menjadi penentu gelar juara Indonesia tersebut. Topan sendiri memacu Yamaha Z1 garapan Widya Krida Laksana alias Gendut dari GDT Racing Jogja. Yamaha Z1 dengan power 26.5 HP tersebut mampu membawa Topan berlari kencang di sirkuit yang mempunyai karakter komplit.

Racikan Rasio Yang Tepat Plus Gir-Set SSS Racing Antar Topan Juara Indonesia MP2
Rafid Topan yang terkenal dengan gaya balap agresif
LENKA MiniGP SSS Racing

Karena ini merupakan pertama kalinya Topan dan tim membalap disana, Gendut yang tidak mempunyai data mengenai sirkuit tersebut berupaya untuk memaksimalkan dari sisi gir rasionya saja. “Jadi karena treknya bukan permanen, juga belum pernah tampil disana, jadi kita bawa beberapa opsi hitungan rasio. Terlebih juga ada lintasan yang menurun. Intinya perlu ujicoba dengan pilihan rasio,”ujar Gendut.

Untuk rasionya sendiri, Gendut memberikan bocoran nih. “Untuk perbandingan rasionya sendiri adalah rasio 13-33 (1), 16-28 (2), lanjut 18-26 (3) dan 23-28 (4),”terang Gendut yang tentunya mempunyai badan yang tidak kecil ini.

Racikan Rasio Yang Tepat Plus Gir-Set SSS Racing Antar Topan Juara Indonesia MP2
Tidak hanya Z1 Topan saja yang menggunakan gir set SSS Racing, Blade pacuan Kete juga menggunakannya

Dengan perbandingan rasio tersebut, serta power mesin yang cukup besar yaitu 26.5HP, Yamaha Z1 pacuan Topan menggunakan gir dan rantai dari SSS Racing. Ini tentunya akan sangat penting dan berpengaruh akan performance dari Topan di lintasan yang naik turun.

“Untuk rantai dan gir kita gunakan dari SSS Racing, tidak ada masalah, selalu kuat. Tidak pernah kendor, stabil dengan gaya balap Topan yang agresif. Kemarin di Aceh Timur pakai perbandingan 14-45,”tambah Gendut.

Rantai & Gir SSS Racing Borong Gelar Juara Region Motorprix Jawa 2017
Hanky Kurniawan saat berada di sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya

Membahas mengenai rantai dan gir SSS Racing, sebenarnya tidak hanya Topan saja yang membuktikannya. Afridza Syach pembalap asal Tasikmalaya yang tergabung di tim Sidrap Honda Daya KYT Nissin IRC Trijaya yang meraih gelar juara Indonesia kelas MP3 dan MP4 juga menggunakannya.

“Konstruksi gear-set kita sudah terbukti nyata. Material gir belakang dari alumunium dari level terbaik. Rantai juga sangat optimal dalam pelumasan. Yang pasti, gear-set SSS sangat baik dan cocok dan kuat untuk keperluan harian. termasuk yang demen turing, “bangga Hangky Kurniawan, Manajer Marketing PT. Trivera selaku distributor gear-set SSS.| Luvo

GM-helm VND Racing PARD