Modifikasi Mio200cc Cilacap, Andalkan Koil “Lontong”

Mio 200cc Cakra Yor's | Foto: Richard
GM-helm

BalapMotor.Net – Kelas Matic 200 adalah salah satu kelas yang menjadi idaman para pemain drag bike Indonesia. Begitupun untuk para joki, dibutuhkan skill khusus tersendiri untuk melesat cepat bersama motor basic non gigi ini. Ilmu “urut” gas sangat penting dalam hal mengendalikan matic, jika terlalu besar menarik gas, dapat dipastikan motor akan terangkat dan mengurangi catatan waktu.

Kali ini datang kabar dari Kota Bercahaya Cilacap. Mengusung matic pabrikan garpu tala, tim Cakra Yor’s hadir untuk ikut meramikan kancah pertarungan di kelas Matic 200cc. Mengandalkan tuner asal Jogjakarta yaitu Danang Wahyudi, mio kelir kuning ini mengadopsi piston Kawahara Forged 66mm dan diimbangi dengan Klep EE5 In 33,5 dan ex28,5mm. Untuk meringankan kerja klep, batang klep mengalami pengurangan 4,5mm. Koil pada motor ini dapat dibilang sangat aneh. Dari bentuknya saja sudah beda dari biasanya. Fiqih sendiri menyebut koil ini koil “Lontong”. Koil ini copotan dari pabrikan Kawasaki.

“Awalnya cuma liat-liat motor balap, sampai sekarang Alhamdullilah udah punya motor balap sendiri hehe. Kenal sama mas Danang “Cakra” juga pas saya kuliah di Jogja dan langsung bikin motor mio200cc. Milih kelas matic, soalnya ngga ribet mas dibandingkan sama motor-motor yang lain hehe”, ungkap Fiqih si empunya motor.

Ahong (Kiri) dan Fiqih | Foto: Richard
Ahong (Kiri) dan Fiqih | Foto: Richard

Untuk best time sendiri, motor ini sudah menyetuh 7,7 detik. Fiqih sendiri mengutarakan bahwa motor ini masih perlu riset khusus untuk mampu bersaing dengan “dedengkot” matic 200cc di Indonesia. Durasi pada klep diatur di angka 270 in dan 278 ex. Durasi ini didukung oleh lift yang dipatok di angka 10,1. Untuk ratio, motor ini menggunakan durasi 14/39.

“Alhamdullilah motor ini udah bisa menghasilkan banyak podium dari event-event yang kami ikuti. Untuk pembalap kami mengadalkan local hero Cilacap yaitu Dior Codot. Soalnya dia juga pembalap yang rajin setting motor ini”, tambah Fiqih pemuda asal Cilacap ini.

Jadi, mari kita tunggu prestasi duet Cilacap-Jogja ini di event-event berikutnya. Untuk data modifikasi, langsung saja lihat di kolom bawah. [ richard ]

Data Modifikasi :

Alamat   : Jl. Tegalyoso 01/07, Bayuraden, Gamping, Sleman, Jogjakarta
Telepon  : 08121578360 (Danang Wahyudi)
Piston    : Kawahara Forged 66mm
Klep       : EE5 in 33,5, ex 28,5 batang 4,5
Retainer  : Kawahara Titanium
Kompresi : 13,8 : 1
Lift         : 10,1
Durasi     : In 270 derajat dan Ex 278 derajat
Karburator : PE reamer 32mm
CDI         : Rextor
Koil         : Kawasaki “Lontong”
Roller      : 7 gram
Ratio       : 14/39
Ban         : Depan : CST 50/80 ; Belakang: IRC EMD 50/90
Velg        : TK Excel Asia (Depan: 120 Belakang: 160)
Setang     : RC3
Shock Breaker : Depan: Standar ; Belakang: GAZI
Knalpot    : CHA

Mesin | Foto: Richard
Mesin | Foto: Richard
Koil "Lontong" | Foto: Richard
Koil “Lontong” | Foto: Richard
Karburator PE reamer 32mm | Foto: Richard
Karburator PE reamer 32mm | Foto: Richard
SSS Racing