Honda PCX Milik Istri Ini Jadi Jawara NGK Dyno War

Sena Ponda bersama Honda PCX Jawara NGK Dyno War

BalapMotor.Net – Freestyler senior dan pegiat otomotif senior Sena Ponda berhasil menjadi jawara pada gelaran NGK Dyno War. Motor milik Sena Ponda yaitu Honda PCX berhasil menjadi motor dengan tenaga paling besar pada kelas Matic 150-180cc.

Sebenarnya, motor tersebut tidak bisa maksimal saat sesi dyno di gelaran NGK Dyno War yang berlangsung di Serpong pada 9 Januari 2022. Fan belt motor tersebut dan akhirnya hanya mencetak power 23an HP saja. Padahal malam sebelum mengikuti ajang tersebut, motor dengan tampilan kece tersebut mampu mencetak 28 HP saat di dyno.

LENKA MiniGP SSS Racing

Menariknya, motor tersebut ternyata adalah motor sang istri. “Ini motor istri mas. Power aktual sebenarnya 28, tapi tadi baru 23 belt putus. Semalam sudah di dyno dan hasilnya 28 HP,” terang Sena Ponda.

Sena Ponda juga menerangkan bahwa motor tersebut bisa menggunakan dua map pengapian. “Istri kalau ke pasar, pengajian pakai motor ini. Jadi disini ada dua map, map istri dan map suami. Kalau map suami di 12.000 RPM, untuk istri hanya 9.000 saja,”tambahnya sambil menunjuk tombol pergantian map di stang motornya.

Motor tersebut juga digunakan untuk touring oleh Sena Ponda. “Saya terakhir ke Surabaya dan Bromo pakai ini. Kuncinya adalah knowledge dan kompetensi, jadi selama kita tahu limitnya, tahu ilmu bahan dan cara pemasangan, kita bisa memaintenance yang namanya durabilitas bahkan bensinnya lebih irit, itulah gunanya dyno,”ungkapnya.

Mengenai ubahan pada mesinnya, Sena Ponda juga menerangkan. “Motor ini sudah bore up 175cc, porting polish, noken as dan segala hal yang menyangkut mekanikal sudah dilakukan tetapi tidak ekstrim karena buat pemakaian harian. Elektrikan dia sudah pakai modul plasma, untuk busi tadi diganti dengan NGK. Plasma sendiri membuat nyala atau energi kinetik busi di ruang bakar jadi lebih besar,” tambahnya.

TONTON VIDEO LENGKAPNYA

GM-helm VND Racing PARD