Ada BLACK BOX di Sonic Drag MBKW2, Ternyata Ini Fungsinya

Penampakan Black Box di Sonic Drag MBKW2
GM-helm

BalapMotor.Net – Melihat pacuan Drag Honda Sonic dari tim MBKW2 Jogja pada gelaran Gadhuro Drag Bike Tegal, ada “Black Box” yang bikin penasaran. Lalu sebenarnya “Black Box” tersebut apa dan fungsinya untuk apa?

Ternyata, Black Box atau kotak hitam yang berada di atas mesin motor Drag Bike MBKW2 merupakan electric water pump. Nah, ini merupakan hasil karya dari “Bapak Kabel Balap Indonesia” Dwix dari MKO Jogja.

Sebelum terpasang di motor Drag Bike, ternyata “Black Box” ini sudah pernah dipasang pada Honda CBR150R untuk balap Kejurnas IRS 2018. Pada 2019 sendiri, alat ini dilarang penggunaannya pada gelaran Kejurnas Motoprix dan Oneprix.

Dwix MKO, bapak kabel balap Indonesia

Berbeda halnya dengan Drag Bike, alat ini tentu saja tidak dilarang. “Black Box tersebut merupakan electric fuel pump mas. Sebenarnya sudah pernah dipasang di CBR150R untuk balap IRS di 2018. Kalau di Motoprix tahun lalu dilarang mas,” terang Dwix MKO.

Fungsinya

Membahas mengenai fungsi dan keunggulan Black Box tersebut, Dwix MKO memberikan penjelasan secara rinci kepada penulis. Jadi dengan electric water pump ini maka suhu mesin bisa stabil. “Fungsinya untuk menstabilkan temperatur air radiator mas,” ujar Dwix MKO.

“Karena di injeksi pasti ada limit maksimal power tertinggi di temperatur berapa. Jadi dipasang itu temperatur jadi stabil. Untuk Drag kan sekali lepas, jadi untuk mempertahankan temperatur sangat perlu,” tambahnya.

Dwix MKO juga menerangkan kelebihan Black Box tersebut dibandingkan dengan water pump standar. “Kalau water pump standard ikut putaran kruk as mas, jadi rpm-nya berpengaruh pada sirkulasi air radiator. Kalau elektric sirkulasinya tergantung suhu mesin/air radiator. Kalau suhu dingin, sirkulasinya lambat supaya mesin cepat panas, begitu panas tercapai sirkulasinya kencang, begitu suhu dingin sirkulasinya akan melambat lagi,” terangnya.

“Kerjanya tidak tergantung rpm dan ini otomatis kruk as jadi lebih enteng. Lalu ada modulnya juga yang berfungsi buat ajust sesuai keinginan mesin dan menghemat aki mas. Karena putaran tidak selalu kencang,” tambah Dwix MKO.

Dijual Bebas?

Ternyata, sebenarnya Black Box ini sendiri memang direncanakan untuk dijual bebas. Tetapi, karena regulasi di road race yang belum membolehkannya maka membuat tertunda. Jika nantinya regulasi sudah membolehkan maka baru akan dijual bebas.

Tetapi bagi balap mania yang ingin mencangkokan Black Box tersebut pada kuda besi drag bike, boleh juga nih. Langsung saja bisa hubungi Dwix MKO di nomor WA : 08121572345 kuy ah.

SSS Racing