Asia Talent Cup (Thailand): Herjun AF Podium 2, Afridza Ngenes!

Asia Talent Cup (Thailand): Herjun AF Podium 2, Afridza Ngenes!
Herjun AF #10 | Foto: ATC
Yamaha

BalapMotor.Net – Asia Telent Cup (ATC) 2019 putaran ke-4 berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand bersamaan dengan kejuaraan dunia MotoGP (5-6 Oktober).

Race 1 sendiri telah usai dilangsungkan pada sore hari tadi. Duo pembalap Indonesia berhak start dari gird terdepan, yaitu Afridza Syach kesatu dan Herjun AF kedua.

Jalannya balapan langsung terjadi insiden pada tikungan pertama dan tikungan kedua. Akibatnya 2 wakil merah putih yaitu M. Hildan dan Abdul Gofar tidak bisa melanjutkan balapan.

Insiden tersebut pun menjadi keuntungan bagi pembalap Jepang, Takuma Matsuyama. Doi langsung melesat dan meninggalkan rombongan kedua hingga garis finis berkibar.

Sementara duel sengit dirombongan kedua ini diisi oleh 3 wakil Indonesia, Malaysia, Thailand dan Jepang. Mereka silih berganti memimpin sepanjang balapan.

Namun salah satu wakil Indonesia yaitu Adenanta terkena penalty. So, dia harus memasuki pit dan posisinya pun melorot. Tinggal lah Afridza dan Herjun. Namun nasib naas harus menimpa Afridza di tikungan terakhir last lap.

Afridza | Foto: AHM

Akan memasuki tikungan di posisi ketiga, Afridza harus tersungkur lantaran kecerobohan pembalap Jepang, Shoki Igarashi yang memaksa masuk dari dalam namun mengalami slide. Selain Afridza, pembalap tuan rumah Tatchakorn Buasri pun terkena imbasnya.

Jatuhnya 3 pembalap ini membuat Herjun AF meaih podium kedua, diikuti oleh pembalap Malaysia, Syarifuddin Azman di podium 3. Hasil ini tentunya sangat disayangkan bagi Afidza Syach, pasalnya peluang memperkecil poin dengan Sho Nishimura harus gagal.

Justru Sho Nishimura mampu finis di posisi ke-12 dan menambah poin walaupun jatuh pada tikungan pertama. Afridza sendiri harus turun ke posisi 3 klasemen sementara, terpaut 22 poin dengan Sho Nishimura dan 11 poin dengan Matsuyama.

Race 2 akan berlangsung pada Minggu besok. Semoga pembalap Indonesia bisa meraih hasil lebih baik lagi. Gaspol | Yugo

GM-helm SSS Racing