WSBK Portimao: Jonathan Rea Kritik Manuver Toprak yang Melewati Batas

Jonathan Rea | Pic: WorldSBK

BalapMotor.Net – Jonathan Rea mengalami nasib yang kurang baik di Race 1 Kejuaraan Dunia Superbike yang berlangsung di sirkuit Autodromo Internacional do Algarve Portimao, Portugal pada Sabtu 2 Oktober 2021.

Juara Dunia enam tahun berturut itu terjatuh dan harus merelakan podium juara kepada saingan terdekat Toprak Razgatlioglu. Rea jatuh pada lap kelima ketika dia memimpin balapan. Kesalahan itu membuat andalan Kawasaki Racing Team itu terpaut jarak 45 poin.

Race 1 WSBK Portimao | Picture: WorldSBK

“Kesenjangannya besar, tetapi banyak hal yang masih bisa terjadi, karena masih ada beberapa balapan yang harus dilalui. Ini belum berakhir, dan saya akan kembali besok dengan tujuan berjuang untuk menang,” optimis Jonathan Rea.

SSS Racing

Tapi, disisi lain Rea menyoroti aksi dari Toprak yang dinilai melakukan manuver yang melewati batas. Katanya Toprak tidak menghormati aturan balapan dan tidak mempertimbangkan pembalap lain.

Aksi Jonathan Rea di Portimao | Pic: WorldSBK

“Saya di sini bukan untuk mengatakan omong kosong tentang Toprak, apalagi menudingnya, karena saya tidak ingin menjadi cengeng seperti yang dikatakan seseorang kepada saya di masa lalu,” kata Jonathan Rea.

“Saya percaya bahwa ada batasan untuk manuver tertentu, dan sangat sering, dia tidak menghormati batasan ini, karena dia mengemudi seolah-olah dia tidak mempertimbangkan pilot lain,” ungkapnya dilansir dari gp-inside.

GM-helm PARD