Walau Banyak Masalah, Para Pembalap Inginkan GP Qatar Tetap Ada

Walau Banyak Masalah, Para Pembalap Inginkan GP Qatar Tetap Ada
Qatar masih diharapkan oleh para pembalap, dengan sejumlah perbaikan | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Menjadi seri pembuka MotoGP pada musim ini, sirkuit Qatar penuh dengan kendala, terutama masalah drainase yang kurang baik. Sirkuit Losail mulai selalu menjadi tuan rumah sejak musim 2004, dan selalu menjadi seri pembuka MotoGP mulai musim 2007.

13 tahun Sirkuit Losail Qatar selalu masuk dalam kalender MotoGP, walau di musim ini menyebabkan kualifikasi Sabtu dibatalkan adalah dengan drainase yang buruk setelah hujan lebat, para pembalap menginginkan sirkuit ini tetap masuk kalender, dengan sejumlah perbaikan, terutama masalah pada aspal.

“Aspal tersebut perlu diubah, dan saya berharap itu untuk tahun depan,” kata Lorenzo. “Kami sudah berbicara dengan Komisi Keamanan (Jumat), tetapi kami tidak mendapatkan solusi untuk daerah itu,” tambahnya.

SSS Racing

“Saya tahu mereka berpikir untuk kembali di sirkuit ini, jika tidak tahun ini, maka dalam dua tahun ke depan, aspal ini sudah berusia 13 tahun. Kemudian dengan ini perlu dicari beberapa solusi, apalagi ketika cuaca tidak normal. Dengan begitu memungkinkan mereka lebih siap untuk masa mendatang,” kata pembalap Honda Marc Marquez.

Loris Capirossi selaku perwakilan dari Dorna menegaskan rencana perbaikan sirkuit Losail, secepat mungkin agar lebih siap untuk musim berikutnya, terutama untuk memperbaiki masalah drainase.

“Kami sudah berbicara mengenai sirkuit ini dan mencoba untuk mendorong mereka melakukan perbaikan, karena para pembalap mengeluh dengan keadaan permukaan,” kata mantan pembalap Italia.

“Permukaan ini sudah sejak 2004, dan kami memiliki rencana lakukan perbaikan pada tahun depan, kita hanya perlu perjelas apa yang harus kita perbaiki dan kerjakan, yang pasti jelas pada sistem drainase. Kami telah memiliki rencana tentang sirkuit ini. Tetapi kami belum bisa memberikan jawab sekarang, yang jelas kami sudah memiliki rencana,” tambahnya. (Deni)

GM-helm PARD