Tes Hari Terakhir MotoGP Losail : Gagal Demi Safety

GM-helm

BalapMotor.Net – Sedianya, 16 Maret menjadi rangkaian puncak hari terakhir uji coba di Sirkuit Losail, Qatar (14-16/3). Sebagaimana layaknya hari terakhir tes, momen tersebut diproyeksikan untuk menjalani simulasi balap dan menentukan dasar setingan terakhir yang bakal dipakai untuk balap 29 Maret nanti.

Namun apa daya, hujan menghancurkan segala rencana. Hujan sedari siang hingga malam membuat lintasan tak bisa dipakai dengan alasan safety. Sebenarnya air hujan di lintasan bukan masalah besar karena ban basah bisa melewatinya namun pantulan sinar dari air di lintasan tersebut sangat mengganggu pandangan pembalap dan bisa membahayakan. Pada 2009 balap GP Qatar dimundurkan satu hari karena hujan dan masalah pantulan cahaya dari air tersebut menjadi masalah utama.

Ducati menjadi bintang pada tes Qatar kali ini. Dua hari mereka menjadi yang tercepat. Hari pertama lewat Andrea Iannone dan hari kedua dikuasai Andrea Dovizioso. Hal ini jelas akan semakin membuat persaingan pada seri pertama MotoGP 2015 semakin menarik. Sirkuit Losail sendiri merupakan sirkuit yang cocok untuk Yamaha namun musim kemarin Marquez menjadi juara disusul Rossi. Dan musim ini ada Ducati yang bisa memberi aksi. RK

SSS Racing