Ternyata Ini Alasan Van der Mark Tinggalkan Yamaha dan Pilih BMW

Van der Mark | Foto: WSBK

BalapMotor.Net – Van der Mark akan tergabung dengan tim baru dalam kejuaraan dunia Motul FIM Superbike 2021. Michael van der Mark nama lengkapnya memilih BMW sebagai tim berikutnya.

Van der Mark pun mengungkapkan kenapa dia memilih meninggalkan tim PATA Yamaha dan bergabung degan BMW. Hal itu ia jelaskan saat Tanya jawab dengan penggemar di Facebook.

“Saya pikir alasan utama saya bergabung dengan BMW adalah M 1000 RR yang baru. Itu adalah keputusan yang sulit, tetapi ini membuatnya sedikit lebih mudah. Kelihatannya sangat menjanjikan dan saya pikir, untuk masa depan, motor ini memiliki banyak potensi. S 1000 RR sudah memiliki banyak potensi, tetapi M seharusnya jauh lebih baik. Inilah alasan mengapa saya memilih untuk berganti pabrikan,” ungkap Van der Mark.

Van der Mark | Foto: WSBK
SSS Racing

Meski pengujian telah dibatasi sejauh ini pada tahun 2021, Van der Mark benar-benar merasakan mesin BMW M 1000 RR pertamanya setelah melakukan tes di Sirkuit Miramas milik BMW di Prancis.

Ia pun menilai positif tunggangan barunya itu. Bahkan dia sudah sangat siap untuk bertarung di musim 2021 ini. Selain Van der Mark, pengguna BMW dalam WorldSBK tahun ini ada Jonas Folger dan Eugene Lavert.

Tentang perbedaan tunggangan lama Yamaha YZF-R1 dengan BMW M 1000 RR, Van der Mark menilai ada baik dan buruknya. Dia pun siap untuk adaptasi sebaik mungkin. “Yamaha berhenti dengan sangat baik, yang merupakan sesuatu yang harus kami tingkatkan pada BMW, tetapi BMW ternyata sangat ketat dibandingkan dengan Yamaha. Keduanya memiliki bagian yang lebih baik dan lebih buruk, jadi kita perlu menyatukannya,” tutup Van der Mark dilansir dari WorldSBK.

GM-helm PARD