Sirkuit Motegi Sirkuit Paling Menyiksa Sistem Pengereman di MotoGP

Ukuran cakram di sirkuit Motegi lebih besar berbeda dengan di sirkuit lainnya
GM-helm

BalapMotor.Net – Sirkuit Twin Ring Motegi yang terletak di Motegi Haga, Tchigi, Jepang menjadi sirkuit yang paling spesial untuk urusan pengereman dalam kalender MotoGP. Sirkuit sepanjang 4.8km ini mempunyai desain stop and go yang mewajibkan motor mempunyai sistem pengereman terbaik.

Karena hal tersebut, di sirkuit ini motor-motor pacuan para pembalap MotoGP menggunakan ukuran piringan cakram yang lebih besar. Jika di sirkuit-sirkuit lain, para pembalap menggunakan cakram dengan ukuran 320mm, untuk sirkuit Motegi ukurannya pakai yang lebih besar yaitu 340mm.

Sirkuit Twin Ring Motegi

Tentunya mereka memilih itu karena tututan pengereman tinggi yang berulang saat berlaga di sirkuit Twing Ring Motegi. Cakram lebih besar akan lebih baik dalam mengusir panas karena luas permukaan mereka lebih besar.

Selain itu, pembalap juga tidak perlu menciptakan kekuatan pengereman sebanyak-banyaknya untuk mencapai jumlah daya berhenti yang sama.Meski demikian, ternyata tidak semua pembalap memilih menggunakan ukuran cakram 340mm di Motegi.

SSS Racing