Sirkuit Austin Bergelombang, Pedrosa Anggap Seperti Sirkuit Supercross

Pedrosa anggap sirkuit Austin seperti supercross | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Dani Pedrosa keluhkan kondisi sirkuit Circuit of The Americas (COTA), Austin yang bergelombang, bahkan pembalap Repsol Honda ini anggap sirkuit ini lebih layak untuk balapan supercross ketimbang balapan MotoGP.

Dani Pedrosa keluhkan kondisi sirkuit usai menyelesaikan free practice, pada Jumat pagi waktu setempat. Kondisi ini juga yang membuat Dani Pedrosa tak bisa catatkan waktu terbaik hingga posisinya tercecer, Pedrosa katakan kondisi sirkuit jauh lebih bergelombang dibandingkan musim lalu.

“Itu bump (permukaan trek yang tidak rata/bergelombang) yang gila. Kami menemukan beberapa titik dan bump sangat besar. Ada dua titik yang cukup kuat. Ini bukan feeling yang baik,” kata Pedrosa.

SSS Racing

“(Ada) satu yang besar ketika menuju pengereman di Tikungan 1. Lalu, sebelum Tikungan 6 juga besar. Dan ada banyak di Tikungan 10, kemudian trek lurus di bagian belakang, di mana kami bergerak ke kiri. Ada seperti sektor lonjakan di supercross. “Itu (bump) yang sangat besar. Juga ada (bump) di akhir trek, Tikungan 17 dan 18,” tambahnya.

Dani Pedrosa mengatakan kalau kondisi sirkuit yang seperti ini tentu akan sulit baginya, mengingat paketan mesin baru RC213V dengan Electronic Control Unit (ECU) Magneti Marelli tak di desain untuk kondisi yang seperti ini, wajar kalau dirinya tak mampu raih hasil maksimal.

“Elektronik yang kami gunakan tidak diraincang untuk ini, mereka dirancang untuk kondisi jalur data,” kata Pedrosa. “Bila Anda memiliki motor dan seperti melompat-lompat di sepanjang trek, tentu akan menghambat tenaga secara otomatis. Karena lompatan itu intens, potongan terhadap tenaganya juga sama. Tidak mungkin anda bisa atasi itu,” tambahnya. (Deni)

GM-helm PARD