Sebagai Rookie, Folger Berharap Finish 10 Besar di Debutnya

Folger berharap bisa finish di 10 besar saat balapan di Qatar | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Jonas Folger meski berstatus sebagai rookie MotoGP, namun pembalap Yamaha Tech3 ini berharap bisa finis di urutan 10 besar pada seri pembuka nanti di Qatar, usai berikan kejutan atas hasil tes pra-musim dengan YZR-M1 spesifikasi 2016 yang impresif, Folger kini mulai tatap balapan sesungguhnya.

Folger berhasil tempati urutan ketujuh, pada tes pra-musim terakhir, terpaut kurang dari setengah detik di belakang pembalap pabrikan Yamaha, Vinales. Pembalap berusia 23 tahun itu yakin penampilan impresifnya saat tes pra-musim, mampu ia pertahankan hingga balapan di Losail, apalagi dirinya telah membangun kepercayaan diri dengan simulasi balap yang solid.

“Saya berharap demikian, saya pikir itu tak mustahil,” kata Folger ketika ditanya perihal peluangnya finis di urutan 10 besar. “Kita lihat apa yang bisa saya lakukan pada balap akhir pekan nanti, karena itu adalah cerita berbeda. Tetapi kami sangat senang dengan persiapan yang dilakukan selama musim dingin. Usai kecelakaan di Philip Island, saya sempat kehilangan kepercayaan diri. Tapi saya bangkit kembali, terutama dalam simulasi balap,” tambahnya.

SSS Racing

“Saya mulai paham motor ini dengan baik, terutama ketika kondisi berubah, saya bisa beradaptasi dengan baik sekarang. Ban memang menurun cukup banyak setelah delapan atau sembilan, tetapi lalu bertahan cukup konstan,” tutup Folger.

Zarco Tak Ingin Terlena

Sementara itu Johann Zarco yang merupakan rekan setim Folger tempati urutan kesembilan pada tes pra-musim terakhir di Qatar. Namun, Zarco tak ingin terlena dengan performa YZR-M1 2016 yang memiliki potensi fantastis.

“Saya tidak berharap untuk menjadi kejutan. Saya hanya ingin bekerja dan hasilkan yang terbaik, dan finis balapan dengan senang. Lebih baik tampil baik sepanjang musim, daripada mengejutkan satu kali saja. Jadi, saya realistis dan menunggu balap akhir pekan untuk lakukan pekerjaan yang baik,” kata Zarco saat ditanya perihal dirinya membuat kejutan di seri pembuka nanti.

“Potensi Yamaha fantastis, dan sekarang ketika saya bisa dekat dengan pembalap top itu membuat saya tersenyum, serta memberikan saya banyak motivasi,” tambahnya. (Deni)

GM-helm PARD