Rossi Harap Pembalap Muda Harus Lebih Menunjukan Rasa Hormat

Valentino Rossi |Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Tahun 2021 merupakan musim yang cukup kelam di dunia balap sepeda motor. Tiga pembalap muda telah meninggal saat atau setelah balapan. Dari Dupasquier (19), Millán (14) dan terakhir Dean Berta Vinales (15).

Superstar MotoGP, Valentino Rossi yang sudah berkiprah 26 tahun di kejuaraan dunia berbicara tentang pentingnya meningkatkan keselamatan untuk pembalap muda. “Beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa pembalap muda sangat agresif,” kata Rossi dilansir dari speedweek.

Valentino Rossi | Pic: MotoGP

“Jika Anda menonton balapan ini, itu cukup menakutkan karena semua orang memberi lebih dari yang maksimal. Tidak ada yang berpikir tentang apa yang bisa terjadi. Dan terkadang Anda benar-benar membutuhkan keberuntungan untuk bisa lolos dengan selamat,” nilai The Doctor.

SSS Racing

Rossi pun memberikan beberapa pemikirannya. Seperti meningkatkan umur agar tidak terlalu muda, selain itu adanya hukuman yang lebih berat, control kejuaraan yang lebih ketat dan pembalap harus menunjukan rasa hormat yang lebih kepada lawannya.

Valentino Rossi | Pic: MotoGP

“Mungkin akan membantu jika Anda meningkatkan usia di beberapa kejuaraan satu atau dua tahun. Balapan junior dengan pembalap muda perlu dikontrol lebih ketat. Segala sesuatu yang terjadi di trek harus lebih tepat. Jika pengemudi berbuat dosa, harus ada hukuman yang lebih berat,” ungkapnya.

“Mungkin itu solusi. Kami memainkan olahraga yang fantastis. Kami semua menyukainya, tetapi Anda harus menunjukkan rasa hormat kepada para pembalap lainnya. Tentu, semua orang ingin finis di depan. Tapi ada yang lebih penting yaitu keselamatan diri sendiri dan lawan,” jelas pembalap Italia berusia 42 tahun tersebut.

GM-helm PARD