Repsol dan Honda Dikabarkan Akan Berpisah di Musim 2021, Apa Penyebabnya?

Foto: MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Kabar menarik datang dari skuad sayap mengepak, pasalnya pabrikan asal Jepang ini dikabarkan akan berpisah dengan Repsol. HRC mulai gerah karena Repsol terlalu ikut campur akan  pemilihan pembalap mereka.

Sejak pensiunnya pembalap asal Australia yaitu Casey Stoner pada akhir musim 2012. Tim Repsol Honda memang selalu di isi pembalap asal Spanyol. Saat itu, Repsol Honda menggaet Marc Marquez untuk menggantikan kursi yang diduduki oleh Casey Stoner.

Selanjutnya Setelah Dani Pedrosa memutuskan untuk pensiun pada akhir 2018, Jorge Lorenzo pun didapuk untuk mendampingi Marc Marquez di paddock Repsol Honda. Kini giliran Lorenzo memutuskan pensiun pada akhir 2019, dan Alex Marquez didapuk untuk mendampingi kakanya di Repsol Honda.

Baca Juga: Alex Marquez Ogah Gunakan Motor Bekas Jorge Lorenzo di Test Pra Musim MotoGP

Foto: MotoGP

Padahal saat itu sangat santer beritanya dimana Johann Zarco akan bergabung dengan tim berkelir orange tersebut. Namun pada akhirnya tim Repsol Honda lebih memilih Alex Marquez sebagai pengganti Jorge Lorenzo.

kemudian muncul isu dimana HRC akan menghentikan kerja sama dengan Repsol yang sudah terjalin selama 26 tahun di MotoGP. kabar tersebut berhembus di MotoGP pada Otober lalu di pagelaran MotoGP Jepang dimana seri tersebut merupakan kandang HRC

Baca Juga: Manager Suzuki Optimis Performa GSX-RR Musim 2020 Bakal Konsisten di Barisan Depan

Menariknya, pabrikan Honda ingin menggandeng Shell sebagai pengganti Repsol. Hal tersebut didukung kabar bahwa tim Idemitsu Honda Team Asia Moto2 yang nyaris bekerja sama dengan Shell untuk 2020.

Sementara itu, Red Bull sempat dicurigai akan mengambil alih peran Repsol dalam HRC, mengingat para pembalapnya didukung oleh Red Bull sebagai sponsor pribadi. Namun hal tersebut sangat tidak mungkin, pasalnya tidak masuk akal dimana Red Bull menjadi sponsor utama di 2 tim pabrikan sekaligus.

GM-helm SSS Racing