Peraturan Race Flag-To-Flag Baru, Rossi Anggap Tak Selesaikan Masalah

Peraturan Race Flag-To-Flag Baru, Rossi Anggap Tak Selesaikan Masalah
Peraturan baru race flag-to-flag baru, di ujicoba saat sesi FP hari pertama MotoGP Silverstone | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Ada peraturan baru jelang menghadapi balapan MotoGP Silverstone, peraturan baru ini menyangkut balapan flag-to-flag. Aturan ini dibuat menyusul insiden tabrakan yang melibatkan Andrea Iannone dan Aleix Espargaro saat di pit untuk mengganti motor, namun bagi Rossi aturan baru race flag-to-flag ini tak selesaikan masalah.

Aturan baru ini mengharuskan motor mendekati garasi tim, motor di parkir di belakang motor pengganti, antara parkir motor yang digunakan dan motor pengganti masing-masing membentuk sudut 45o, bagian depan motor pengganti menghadap pintu keluar pit. Lalu, pembalap boleh lanjutkan balapan saat petugas yang memegang lolipop sudah menyatakan aman lintasannya.

Mengharuskan motor yang dipakai dan motor pengganti sudah terparkir dulu | Foto: Crash
LENKA MiniGP SSS Racing

Valentino Rossi yang kerap kali bermasalah saat balapan flag-to-flag menganggap bahwa insiden seperti di GP Ceko saat sedang pergantian motor tetap akan terjadi, walau sudah ada aturan baru yang dibuat dengan sebaik mungkin.

“Saya penasaran untuk berbicara dengan pembalap lain di komisi keselamatan, tentang gagasan yang mereka buat. Saya senang dengan keduanya, tetapi kalau peraturan ini untuk perbaiki masalah insiden antara Iannone dan Esparagaro, saya pikir ini tak akan perbaiki apapun. Mungkin kita bisa gunakan aturan ini, itu bukan masalah, tetapi tidak memperbaiki masalahnya,” kata Valentino Rossi jelang race di MotoGP Silverstone akhir pekan ini. [Deni]

GM-helm VND Racing PARD