Nih Fakta Mengenai Tayangan Live Pada Balapan MotoGP Yang Semakin Istimewa

Contoh kamera yang digunakan oleh MotoGP di sekitar sirkuit, totalnya ada 25 | Foto : MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Sebagai pecinta balap, tentunya tayangan live MotoGP merupakan hiburan wajib bagi kita semua. Ternyata ada beberapa fakta yang harus diketahui mengenai bagaimana live balapan MotoGP dibuat.

Pada setiap balapan atau putaran MotoGP, ternyata ada 25 kamera yang diposisikan di sekitar sirkuit. Ini merupakan kamera yang ada di pinggir sirkuit yang mengambil gambar aksi para pembalap saat balap.

Lalu ada juga 4 kamera yang ada di pit lane, 1 kamera gyro yang dipakai untuk mengambil gambar dari helikopter dan yang cukup banyak adalah 120 kamera on board yang dipasang pada kuda pacu pembalap.

Untuk inovasi terbaru sendiri, adalah kamera on boar 360 derajat yang membuat tayangan MotoGP jadi semakin istimewa.

MotoGP Australia 2019
Kerjasama Dengan Tata Communication

Menariknya, mulai tahun 2017, Dorna selaku penyelenggara MotoGP dan WorldSBK sendiri bekerjasama dengan Tata Communication. Perusahan komunikasi raksasa asal India ini yang ikut membuat tayangan MotoGP semakin istimewa.

Tata Communication mendistribusikan aksi para pembalap MotoGP dari satu trek ke lima benua dan 59 mitra media untuk tayangan live. Ini tentunya membutuhkan jaringan internet yang baik.

Apalagi kamera-kamera yang digunakan oleh MotoGP mempunyai kualitas tinggi. Contohnya saja kamera 360 derajat Dorna yang dapat menangkap gambar hingga 2.500 frame per detik dan tersambung pada jaringan agar bisa live. Ini tentunya membutuhkan jaringan internet yang istimewa.

Jaringan komunikasi Tata sendiri membentang lebih dari 500.000 km serat bawah laut dan lebih dari 210.000 km serat terestrial. Perusahaan ini telah menginvestasikan $ 1,19 miliar dalam jaringan serat bawah laut globalnya.

SSS Racing