MotoGP Musim 2023 Tanpa Pembalap Rookie?

Mungkinkah MotoGP 2023 Tanpa Pembalap Rookie? | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Setelah pada musim ini sebanyak lima pembalap rookie ikut memanaskan gelaran MotoGP, bisa saja pada musim 2023, tidak ada pembalap rookie yang naik baik dari kelas Moto2 maupun dikatrol dari kelas Moto3.

Hanya ada dua pembalap yang mempunyai kemungkinan menjadi rookie pada MotoGP musim depan. Keduanya adalah Celestino Vietti (Mooney VR46) dan Ai Ogura (Idemitsu Honda Team Asia).

LENKA MiniGP SSS Racing

Kemungkinan dua pembalap ini naik kelas sendiri cukup kecil. Vietti bisa naik jika Marco Bezzecchi ditendang dari tim Mooney VR46, tetapi Bezzecchi tampil cukup apik dan berhasil podium di Assen.

Menunggu posisi kosong di KTM Tech3 dimana ada kemungkinan Raul Fernandez dan Remy Gardner yang tampil kurang baik di musim ini ditendang, tetapi masih ada Miguel Oliveira yang harus turun tahta dari tim pabrikan, meskipun dikabarkan dia enggan turun ke tim satelit dan siap berpindah tim.

Lalu ada kabar yang menyebut KTM akan mempertahankan Remy Gardner. Selain itu, tim WithU RNF Aprilia mungkin bisa jadi pelabuhan bagi Vietti. Apalagi Vietti dari Itali yang merupakan markasnya pabrikan Aprilia.

Disamping itu, ngapain KTM mengambil pembalap yang bukan binaannya. Kan KTM punya tim binaan di kelas Moto3 dan Moto2 bahkan dari ajang dibawahnya yaitu Red Bull MotoGP Rookies Cup.

Lalu untuk Ai Ogura sendiri pastinya dia yang bakalan menggantikan posisi Takaaki Nakagami. Tetapi apakah Nakagami bakalan ditendang dari tim Idemitsu Honda Team LCR? Sangat sulit pastinya.

Daftar Pembalap Rookie di MotoGP

Setelah 2010: Toni Elias, Karel Abraham
Setelah 2011: Stefan Bradl, Michele Pirro
Setelah 2012: Marc Márquez, Bradley Smith
Setelah 2013: Pol Espargaró, Scott Redding, Andrea Iannone
Setelah 2014: Maverick Viñales, Jack Miller
Setelah 2015: Tito Rabat
Setelah 2016 : Jonas Folger, Johann Zarco, Alex Rins
Setelah 2017: Franco Morbidelli, Tom Lüthi, Takaaki Nakagami dan Hafizh Syahrin
Setelah 2018: Pecco Bagnaia, Miguel Oliveira, Mir, Quartararo 
Setelah 2019: Alex Márquez, Brad Binder, Iker Lecuona
Setelah 2020: Enea Bastianini, Luca Marini
Setelah 2021:Remy Gardner, Raul Fernandez, Marco Bezzecchi, Fabio Di Gianntonio dan Darryn Binder.

GM-helm VND Racing PARD