MotoGP Assen 2015 ( Jelang ) : Fakta Menarik Dari Ajang TT Belanda Sepanjang Sejarah

Sirkuit Assen Belanda desain terakhir

BalapMotor.Net – Menjelang seri MotoGP Assen Belanda yang akan di gelar akhir pekan ini tepatnya race akan dilangsungkan pada hari Sabtu ( 27/6 ) ada banyak fakta menarik dari balapan MotoGP di negara yang pernah berkuasa di Indonesia ini. Fakta menarik apa saja, yuk kita cek balap mania.

Balapan seri MotoGP 2015 di sirkuit Assen, akhir pekan ini merupakan balapan yang ke-85 kalinya untuk ajang TT Belanda. Balapan TT Belanda di Assen di mulai rutin pada tahun 1925 dan sempat vakum pada tahun 1940-1945 karena adanya perang dunia kedua.Nah untuk penyelenggaraan kejuaraan dunia sendiri akhir pekan ini merupakan yang ke-67 kalinya digelar sejak pertama dimulainya kejuaraan dunia pada tahun 1949.

Sirkuit Assen Belanda yang asli digunakan sampai tahun 1954 aslinya mempunyai panjang 16,54KM mengalami beberapa kali perbahan panjang. Di tahun 1955 panjangnya berkurang menjadi 7,7KM dan pada 1984 panjangnya berkurang lagi yaitu 6,1 KM dan untuk saat ini merupakan perubahan yang terakhir dilakukan yaitu pada tahun 2006.

SSS Racing

Balapan TT Belanda sendiri pada tahun 1950 dimana di balapan kelas 500cc merupakan balapan terlama dalam sejarah balapan TT Belanda.Balapan di sirkuit 16,54KM ini dihelat lebih dari delaan belas lap dan dimenangkan oleh Umberto Masetti dengan waktu 2 jam 43 detik.

Balapan TT Belanda pada tahun 1975 merupakan balapan kelas premier GP yang ada dua pembalap yang dianggap menyentuh garis finish secara bersamaan. Mereka berdua adalah Barry Sheene dan GIacomo Agustini.

Sampai saat ini telah tercatat ada 256 kali balapan GP yang digelar di sirkuit ini ( dihitung semua kelas. )

Yamaha merupakan pabrikan paling sukses di sirkuit ini sejak era MotoGP 4 tak digelar. Yamaha mengantongi 7 kali kemenangan, disusul oleh Honda dengan 5 kali dan Ducati yang hanya sekali menjadi juara di sirkuit ini.

Suzuki di era 2 tak menang terakhir pada tahun 1993 yaitu oleh Kevin Scwantz. Sedang untuk era 4 tak Suzuki mencacat hasil terbaik di posisi ke-5 oleh John Hopkins di 2007 dan Chris Vermeulen di 2009.

Valentino Rossi menjadi pembalap terakhir yang mempu menjuarai MotoGP Assen dua kali berturut-turut yaitu pada 2004 dan 2005.

Aleix Espargaro bikin kejutan di tahun lalu dengan menjadi pole sitter dengan kuda besi Forward Racing yang merupakan motor spek kelas terbuka. Pole tersebut juga merupakan yang pertama kalinya dalam 150 kali tampil di GP.

Pembalap yang menjuarai MotoGP di Assen adalah Angel Nieto dengan 15 kali kemenangan di sirkuit ini disusul oleh Giacomo Agostini yang mencetak 14 kali kemenangan.

Para pembalap tuan rumah Belanda yang mampu memenangkan balapan di kandangnya saat jadi tuan rumah GP adalah Paul Lodewijkx, Wil Hartog, Jack Middelburg dan Hans Spaan. Sementara itu pembalap Belanda yang naik podium terakhir di GP Belanda yaitu Wilco Zeelenberg yang naik podium ke-3 di GP250 pada 1994.

Begitulah beberapa fakta menarik yang bisa jadi ilmu buat balap mania sebelum menonton balapan akhir pekan ini. [ luvo ]

GM-helm PARD