Misteri Terbangnya Fairing Ducati Enea Bastianini

Picture: GP-Inside

BalapMotor.NetDalam putaran ke-11 Grand Prix Austria akhir pekan kemarin banyak sekali kejadian yang mengejutkan. Di awali dari Maverick Vinales yang ditangguhkan Yamaha, Petronas umumkan mundur dari SRT hingga Brad Binder juara di trek basah dengan ban slick.

Namun tak itu saja. Pada balapan yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring itu juga terjadi insiden yang menimpa Enea Bastianini. Fairing bagian kiri dari pembalap Avintia Esponsorama Racing ini lepas dan terbang ke pinggir lintasan.

Belum jelas apa penyebabnya. Namun, Bastianini merasa cukup kesal karena dia sedang dalam perjalanan yang bagus. Start dari posisi ke-15 dan baru lap ketiga sudah berada di posisi ke-10. Sayang dua lap selanjutnya Fairing Desmosedicinya lepas hingga memaksa dia berhenti dari balapan.

Enea Bastianini (Avintia Esponsorama Racing)
SSS Racing

“Satu lagi hari sial. Saya kompetitif karena setelah tiga putaran waktu putaran saya sangat bagus. Saya tidak tahu apa yang terjadi, fairing meledak dan setelah itu tidak mungkin mengemudi, saya harus berhenti,” keluh Bastianini dilansir dari GP-Inside.

“Saat fairing meledak, saya kena di sini (dia menunjukkan lengannya, Catatan Editor), saya agak sakit tapi tidak apa-apa. Ini nasib buruk, tapi saya marah karena saya kompetitif dan bisa bertarung untuk posisi bagus, terutama dengan balapan yang luar biasa dan sangat aneh ini,” tambah pembalap Italia itu.

“Saya kira tidak ada human error karena semua baut pengikat ada di sana, tetapi kami masih belum memiliki jawaban yang tepat karena tim sedang mengevaluasi apa yang terjadi,” jelas rookie Enea Bastianini.

GM-helm PARD