Masalah Ban Michelin, Rossi Tunjuk Ducati Yang Harus Berbenah

Kasus ban mengelupas di motor Scott Redding saat GP argentina | foto : crash

BalapMotor.Net – Masih cukup anget nih membahas ban Michelin di MotoGP 2016. Setelah kasus ban meletus di tes pra musim MotoGP 2016 di Sepang yang membuat Loris Baz terlempar dari Ducati Desmosedicinya di kecepatan 290kmh, lalu mengelupasnya Scott Redding di GP Argentina akhir pekan kemarin terus membuat kualitas ban Michelin jadi sorotan.

LENKA MiniGP SSS Racing

Karena masalah keselamatan tersebut juga membuat balap di MotoGP Argentina di berlakukan sistem flag to flag. Dengan sistem flag to flag ini juga membuat balap MotoGP jadi kurang seru, ditambah lagi faktor keselamatan di paddock yang di bahas oleh portal ini sebelumya.

Nah jelang MotoGP Austin akhir pekan ini (10/4) ternyata Rossi sang legenda MotoGP memberikan pendapatnya. Anehnya jika kebanyakan menyalahkan ban Michelin, Rossi malah menunjuk Ducati agar berbenah untuk menyesuaikan diri dengan ban baru Michelin.

Rossi mengatakan bahwa sejauh ini di Movistar Yamaha tidak pernah terjadi kendala pada ban motornya. ” Tentang perasaan kita kepada motor dan data tentang suhu ban, untungnya kami tidak memiliki masalah apapun.Jadi saya berharap untuk motor lainya, dalam hal ini Ducati agar bisa memperbaiki masalahnya. ” tutur Valentino Rossi yang tidak ingin membalap dengan flag to flag tentunya.

Valentino Rossi
Valentino Rossi, tunjuk Ducati yang harus berbenah

Selain itu, Rossi juga menambahkan bahwa dua rider yang mengalami kecelakaan karena ban yaitu Loris Baz dan Scott Redding mempunyai kesamaan yaitu tinggi badan yang cukup tinggi.Jadi bisa dikatakan tinggi badan juga cukup berpengaruh, namun Rossi juga berfikir bahwa dirinya juga tinggi dan besar namun tidak ada masalah, jadi intinya motorlah yang bermasalah.

Perlu diingat, motor Ducati Desmosedici saat ini menjadi motor tercepat di MotoGP, contohnya Andrea Iannone mampu mencetak best speed 351,2kmh di trek Losail. Jadi memang benar apa kata Rossi yang menunjuk Ducati agar bisa berbenah.Rossi juga mengungkapkan kalau semua pabrikan harus balapan dengan ban hard demi keselamatan, Rossi mengatakan kalau itu tidak adil. Jadi Ducatilah yang harus berbenah.

” Kalau Ducati tidak berbenah, maka semua pabrikan akan membalap dengan ban sangat keras, keras dan keras.Dan saya pikir itu tidak baik untuk pertunjukan, jadi saya pikir mereka (Ducati) harus memperbaiki kinerja. ” tambah Rossi yang disini bisa dikatakan sebagai sesepuhnya para pembalap MotoGP 2016.

Jadi apakah Ducati akan segera berbenah agar bisa aman menggunakan ban Michelin, atau harus menunggu Michelin mengembangkan ban yang aman bagi ducati?, kita tunggu saja. [ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD