Mario SA Lebih Baik Langsung Ke Moto3 Dunia di 2021 Atau Menetap Lagi di Moto3 Junior Lagi?

Mario Suryo Aji AHRT Moto3 Junior World Championship | Foto : AHRT
GM-helm

BalapMotor.Net – Pada ronde terakhir Moto3 Junior World Championship FIM CEV Repsol 2020 yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo-Valencia, Spanyol akhir pekan lalu, Mario Suryo Aji mampu menunjukan talentanya.

Start dari grid ke-12, Mario mampu finish ke-6 pada race pertama (31/10), lalu pada race kedua (1/11) Mario juga mampu tampil apik dengan finish ke-7. Pada race terakhir yang juga berlangsung pada hari Minggu (1/11), Mario sudah mampu bertarung di barisan depan.

Sayangnya Mario terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Akhirnya, Mario yang hanya mengikuti 5 balapan saja di musim ini, hanya bertengger pada posisi ke-16 klasemen akhir Moto3 Junior World Championship musim ini.

Mario SA saat mendapatkan pengarahan di Red Bull MotoGP Rookies Cup | Foto : RBRC

Membahas mengenai penampilan Mario yang pada tahun 2020 ini merupakan musim keduanya di Moto3 Junior World Championship serta ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup, banyak pertanyaan apakah bocah Magetan ini bakal naik ke ajang Moto3 World Championship musim depan?

Sampai saat ini memang Honda Team Asia yang diisi oleh para pembalap berbakat Asia di ajang Moto3 dan Moto2 belum merilis siapa pembalapnya di musim 2021. Ada kabar, bahwa Ai Ogura akan naik ke kelas Moto2 dan menggantikan Andi “Gilang” Farid Izdihar.

Tetapi itu baru kabar, karena bisa saja Ai Ogura yang duduk di klasemen kedua di kelas Moto3 musim ini akan menetap di kelas Moto3. Jika memang Ai Ogura naik, maka memang ada kans Mario SA dapat masuk di tim tersebut dan mendampingi Yuki Kuni.

Aksi Marion SA di FIM CEV | Foto : AHRT
Tambah Pengalaman Lagi di Moto3 Junior

Memang kalau lebih cepat Mario masuk di ajang Moto3 World Championship maka akan lebih baik, karena Mario tahun depan memasuki usia 17 tahun. Tetapi, menurut penulis, sebaiknya Mario mempertajam ilmunya di Moto3 Junior World Championship satu musim lagi. Ditambah lagi dengan menurunkan Mario wildcard beberapa kali di musim 2021.

Baru pada 2022 Mario yang pastinya lebih matang ditarungkan di Moto3 World Championship. Jadi biarkan Mario selain mencari ilmu juga menunjukan potensinya di Moto3 Junior, kan Mario belum pernah menapaki podium pada balapan ini.

Paling tidak jika Mario masih bertahan di Moto3 Junior musim depan, maka kans untuk Mario juara akan lebih banyak, karena papan atas Moto3 Junior banyak yang naik di Moto3 World Championship musim depan. Pastinya, Mario juga diberikan kesempatan untuk wildcard di MotoGP Mandalika musim depan gaes.

Mario SA saat beraksi di Red Bull MotoGP Rookies Cup | Foto : RBMRC
Jika Langsung Moto3 Dunia Jangan Hanya Satu Musim

Jika memang Mario akan tarung langsung di Moto3 World Championship musim 2021, sebenarnya juga baik. Tetapi jangan cuma satu musim terus kalau kurang baik prestasinya lantas dilengserkan. Karena pastinya tidak mudah untuk beradaptasi dalam gelaran balap yang levelnya tertinggi ini.

Ini merupakan opini dari penulis yah gaes. Apapun keputusan bagi Mario, pastinya Astra Honda Motor (AHM) bakal memilih langkah terbaiknya dan kita sebagai warga Indonesia wajib mensupportnya.

SSS Racing