Lebih Dekat dengan MV Agusta F3 800! Pacuan Baru di World Supersport

Picture: MV Agusta

BalapMotor.Net – Pada Kejuaraan Dunia Supersport 2022, kita akan melihat tiga mesin baru yang akan ikut bertarung setelah aturan teknis diperbaiki. Diantaranya Ducati 955 V2 yang mendominasi dengan tujuh motor.

Sementara mesin lainnya adalah Dari Triumph Street Triple 765 RS dan MV Agusta F3 800 yang masing-masing akan hadir dengan dua pacuan. Nah, berbicara MV Agusta pastinya menarik melihat tampang yang terlihat cukup keren. Yuk kenali lebih dekat.

LENKA MiniGP SSS Racing

MV Agusta 800cc dilengkapi camshaft overhead ganda, dua belas katup dan poros engkol berputar terbalik. Pada trim standar, mesin menghasilkan 147 hp pada 13.000 rpm, dengan kit balap menawarkan 155 hp pada 13.250 rpm.

Brian Gillen telah bertanggung jawab untuk pengembangan di MV Agusta selama bertahun-tahun. Motor cantik itu dimodifikasi di banyak area. “Kami mencoba membuat motor kami seimbang mungkin. Kami tidak hanya berkonsentrasi pada satu aspek, tetapi pada banyak perbaikan kecil,” ungkapnya.

Pic: Niki Tuuli

“Kami bekerja dengan peraturan 2022 dan berusaha membuatnya kompetitif. Fairing baru seluruhnya terbuat dari serat karbon dan pelek belakang juga telah diringankan. Ini menyiratkan pengurangan massa dan peningkatan perilaku respons.” tambah Brian dilansir dari speedweek.

Secara visual, MV Agusta telah menjadi motor paling eye-catching selama bertahun-tahun. Yang baru di F3 untuk musim 2022 adalah sayap di fairing. “Pada sketsa awal, sayapnya jauh lebih besar. Kami memiliki downforce dan pada akhirnya kita rubah desain lebih kecil,” jelasnya.

“Pada konfigurasi terakhir, tekanan aerodinamis pada roda depan adalah 80 kg pada 240 km/jam. Ada baiknya itu tidak mengubah tampilan, karena itulah yang menjadi dasar kesuksesan komersial model itu.” tutup mantan pembalap asal Amerika tersebut.

GM-helm VND Racing PARD